Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Menyangrai dan Menyimpan Kopi Luwak



Kopi luwak sangrai
Para penikmat minuman kopi pasti penasaran untuk bisa mencicipi kopi luwak. Selain aroma dan citarasa-nya nikmat membelai lidah, khasiatnya pun diyakini bisa meningkatkan stamina tubuh. Uniknya kopi ini diolah dari biji kopi yang dihasilkan hewan luwak bersamaan dengan keluarnya kotoran hewan tersebut.

Bentuk biji kopi luwak yang belum diproses kelihatan seperti kotoran hewan. Namun biji kopi ini tidak berbau busuk dan rasanya tidak berubah. Bahkan kopi luwak diyakini mengandung zat tertentu yang bisa meningkatkan stamina tubuh. Itulah sebabnya kopi luwak dianggap langka dan eksotis.

Sebenarnya, apa pun jenis kopi yang ada, proses penyortiran hingga pengemasannya amat berpengaruh pada rasa kopi tersebut.  Misalnya, kopi yang tercampur dengan tanah, daun, ranting, dan benda lainnya yang ikut terbawa saat pemetikan dan penjemuran kopi akan mempengaruhi citarasa kopi. Jadi, menilai kopi yang enak tidak bisa sekadar dari amatan fisik karena fisik yang bagus tapi berlubang atau saat penjemuran terkena air hujan hanya akan membuat aroma dan rasa kopi itu menurun. 

Menyangrai Kopi Luwak
Secara umum, rasa dan aroma dari kopi luwak yang sudah disangrai mempunyai ciri khas tersendiri. Cara pengolahan kopi ini pun unik. Biji-biji kopi yang telah tercampur dengan kotoran luwak dikumpulkan dan dicuci bersih sehingga tak ada kotoran yang tersisa. Biji kopi tersebut lalu dikeringkan. Setelah kering, biji kopi disangrai dan ditumbuk agar memperoleh citarasa istimewa. Biji kopi luwak harus disangrai secara hati-hati.

Berbeda dengan menyangari kopi biasa, kopi luwak harus disangrai dalam panas api yang sedang agar memperoleh citarasa yang tepat. Kopi luwak bisa disangrai dengan menggunakan panci penggorengan ataupun alat yang digunakan untuk memanggang pop corn. Pastikan api dalam level yang sedang untuk memastikan kopi luwak matang tanpa harus merusak citarasa khasnya.

Menyimpan Kopi Luwak
Kopi luwak hasil sangrai sebaiknya disimpan dalam bentuk biji dalam wadah penyimpanan yang tertutup rapat, tidak tembus udara dan sinar matahari. Hanya digiling saat akan diseduh, kasar halusnya bergantung dari mesin pembuat kopi yang dipakai. Semakin halus akan membuat seluruh zat yang ada dalam kopi ter-ekstraksi keluar, sehingga terasa asam, sepat, pahit. Sebaiknya bila digiling terlalu kasar maka kopi akan terasa flat.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...