Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Membuka Kafe Kopi Luwak



Bila dilihat dari pertumbuhan bisnis kedai kopi (coffee shop) di berbagai kota besar, maka bisa disimpulkan bahwa ini merupakan salah satu usaha yang cukup diminati oleh masyarakat. Namun tidak semua kedai kopi dipadati pengunjung. Semua itu tergantung dari strategi yang Anda gunakan: segmentasi yang dituju, proses promosi, dan layanan Anda.

Nah, jika Anda ingin membuka kafe kopi luwak, maka Anda sebelumnya perlu mengadakan survey. Apakah benar orang mau membayar sebuah harga untuk secangkir kopi di tempat Anda nantinya? Bagaimana segmentasi yang Anda tuju, realistiskah dengan sumber daya yang Anda miliki? Cobalah Anda bertanya kepada orang yang mungkin masih masuk ke dalam segmen pasar yang ingin Anda tuju. Jumlahnya bisa sepuluh orang atau mungkin semakin banyak akan semakin baik. Pertanyaannya sederhana saja, misalnya: “Apakah Anda akan benar-benar berani membayar dengan sebuah harga yang sudah kami tentukan untuk kopi Anda?”.

Anda juga perlu menanyakan atribut-atribut lainnya seperti merek, rasa, kemasan, konsep, suasana, kondisi, dan fasilitas lain yang menyertai sebuah kafe kopi luwak. Jawabannya mungkin beragam, tetapi yang patut Anda cermati adalah harga sebagai salah satu faktor yang bisa menjadi pertimbangan seseorang ketika ingin menikmati kopi luwak.

Secangkir kopi luwak akan terasa terjangkau bagi konsumen jika ia merasa kopi ini benar-benar sesuai dengan kualitas dan rasanya. Hal itu sangat relatif, tetapi ada hal lain yang sangat berpengaruh seperti kondisi, pelayanan dan suasana kedai kopi karena konsumen juga terkadang membeli suasana selain secangkir kopi. Yang jelas, Anda sudah mempunyai produk dengan berbagai atribut seperti yang Anda tawarkan.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah seberapa tinggikah minat masyarakat yang menjadi target Anda terhadap kopi? Kalau ya, bagaimana jumlahnya? Sedikit atau banyak, Anda harus mempunyai target pembeli produk Anda. Realistiskah? Kalau tidak, berarti Anda harus memberi edukasi kepada mereka. Ingat, edukasi mensyaratkan adanya waktu dan biaya tambahan.

Anda bahkan tak bisa mengabaikan konsep: bagaimana diferensiasi dari kedai kpi luwak Anda? Apakah mempunyai diferensiasi yang sangat besar dibanding para pesaing? Ataukah sama dengan yang lainnya atau mungkin hanya produk yang ikut-ikutan (mee too)? Diferensiasi menjadi sangat penting agar kedai kopi Anda cepat diingat oleh konsumen. Hal ini juga akan membedakan kedai kopi Anda dengan kedai kopi lainnya. Jangan lupa untuk belajar menyajikan kopi luwak. Ujicobakan racikan Anda kepada orang-orang untuk dicicipi sebagai tes produk.

Salah satu keunggulan dari kedai kopi luwak adalah sistem pelayanan dan rasa kopi yang sesuai dengan keinginan konsumen. Selain itu barista (peracik kopi) di kedai juga harus memiliki keahlian dalam melakukan pengontrolan kualitas kopi. Dengan demikian konsumen tidak merasa dikecewakan akibat kualitas kopi luwak yang menurun.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...