Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Terbaik untuk Membersihkan Drip Coffee Maker



Banyak ahli kopi mengatakan secangkir kopi terbaik dimulai dari peralatan yang bersih. Menggunakan alat pembuat kopi yang kotor dapat membuat bahkan kopi yang paling mahal terasa pahit atau basi, sehingga merupakan hal yang sangat penting untuk membersihkan drip coffee maker secara teratur untuk menghasilkan minuman kopi yang baik. Membersihkan drip coffee maker bukanlah proses yang sulit, meskipun bagi sebagian orang akan sedikit memakan waktu.Yang paling dibutuhkan saat membersihkan drip coffee maker adalah pasokan air bersih dan cuka putih.

Drip coffee maker tradisional tidak mengandung banyak bagian bergerak yang harus dibongkar untuk pembersihan. Namun, ada beberapa bagian yang cenderung mengumpulkan residu minyak dari biji kopi yang diseduh, dan ada juga bagian lainnya yang dapat menjadi tempat terjadinya penumpukan kerak akibat air keras (air sadah) yang tidak diolah. Ada juga kemungkinan terjadinya penjamuran jika filter kopi dan isinya tidak dibuang segera setelah digunakan. Membersihkan drip coffee maker berarti menangani segala hal dari teko kaca hingga sistem aliran air.

Untuk membersihkan teko kaca yang menampung kopi jadi, seseorang bisa mengguyur sedikit air sabun dengan disikat, menggunakan sikat plastik lunak disekitar interior dan kemudian bilas dengan air bersih beberapa kali sampai residu sabun benar-benar hilang.

Sebuah metode pembersihan alternatif yang digunakan oleh banyak restoran ialah dengan menggunakan es batu, garam kasar, dan air jeruk. Campuran ini dapat ditambahkan ke teko kopi kotor dan diaduk selama beberapa menit untuk menghilangkan sisa-sisa kopi hangus atau minyak yang terbentuk. Setelah beberapa menit, campuran es dapat dibuang ke wastafel dan teko dibilas beberapa kali dengan air bersih.

Membersihkan drip coffee maker sebenarnya membutuhkan pendekatan yang seksama. Bagian dari mesin tempat dudukan penyaring kopi harus dicopot dan diperiksa dari kontaminasi. Setiap filter lama atau ampas harus dibuang segera. Pemakai harus mencopot dudukan filter, dan tidak menggunakan filter selama proses pembersihan.

Pemakai harus menambahkan campuran cuka putih dan air ke wadah air pembuat kopi. Setiap orang memiliki referensi rasio air/cuka yang tepat, tetapi secara umum, dua bagian air untuk satu bagian cuka putih cukup untuk digunakan pada pembersihan rutin. Namun, terutama untuk drip coffee maker yang kotor, pembersihan dalapat dilakukan dengan menggunakan rasio satu bagian air untuk satu bagian cuka. Cuka putih dapat ditempatkan langsung ke wadah, kemudian diencerkan dengan air sampai mesin penuh.

Langkah berikutnya adalah menjalankan siklus kopi secara biasa dengan campuran air dan cuka. Campuran ini harus menetes terus ke teko, dan kemungkinan besar akan terlihat gelap atau kelabu karena residu minyak dan kotoran akan dibuang. Ketika siklus ini selesai, pemakai dapat membuang isi teko dan memulai siklus kedua dengan pasokan air dan cuka putih yang segar. Jika air dalam teko masih terlihat kelabu atau gelap, siklus ketiga mungkin dapat dilakukan, tetapi, sering kali dua siklus pembersihan sudah cukup.

Setelah siklus pembersihan terakhir selesai, pemakai harus memulai beberapa siklus air bersih untuk menghilangkan semua sisa cuka. Setelah itu mesin harus dibiarkan kering secara menyeluruh sebelum mulai menyeduh kopi berikutnya dengan alat yang benar-benar bersih. Peminum kopi mungkin akan segera melihat perbaikan kualitas keseluruhan dari minuman, tapi kadang-kadang perubahan yang terjadi lebih halus. Faktor-faktor lain seperti suhu air, ukuran dalam menggiling biji kopi, dan kualitas filter juga dapat mempengaruhi rasa kopi. Tapi tetap saja, coffee maker yang dibersihkan dengan benar akan sangat  membantu.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...