Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Menyeduh dan Menyiapkan Kopi Luwak



Agar kopi luwak yang Anda buat dan sajikan benar-benar sempurna, maka Anda harus memahami seni penyajian kopi luwak. Anda juga membutuhkan peralatan yang tepat untuk membantu Anda dalam membuat, dan menyajikan kopi terbaik dan termahal di dunia tersebut.

Terdapatmachiato, americano, latte, dan lain-lain. Kopi luwak lebih enak diminum tanpa campuran susu atau kopi hitam. Kopi ini juga tetap enak bila dibuat menjadi es kopi atau es kop susu, hanya porsi kepekatan seduh perlu ditambah, karena sifat dasar kopi luwak yang lebih mild.

berbgai macam metode seduh yang tetap menghasilkan aroma dan rasa khas dari kopi luwak. Ada yang menyukai espresso, cappucino,
Proses penyajian kopi luwak memang berbeda dengan pembuatan kopi biasa. Bubuk kopi luwak bisa langsung Anda masak didepan pembeli dengan alat yang disebut mocca pot. Alat ini akan menghasilkan espresso yang akan menimbulkan krem, seperti busa yang ada di atas kopi yang menandakan bahwa kopi itu segar karena kopinya sendiri.

Setelah lima menit, kopi luwak siap disajikan. Biasanya dengan diberi tambahan gula dan krimmer, satu porsi atau, mocca pot kopi luwak relative mahal, yakni Rp. 200.000 yang biasanya cukup disajikan untuk tiga orang dengan menggunakan cangkir kecil.

Berikut ini beberapa cara menyeduh kopi luwak:

Cara 1Seduhlah 8 gr kopi luwak dengan 150 cc air panas (95-98 derajat Celcius). Gunakan air setelah mendidih supaya citarasa kopi dapat terjaga dan tidak ikut menguap beserta air mendidih. Gunakan cangkir yang berbahan keramik agar dapat menahan dan menjaga panas agar tidak cepat dingin. Kopi luwak akan lebih terasa nikmat bila dihidangkan tanpa gula.

Cara 2
Gunakan alat Classic Coffee Drip. Masukkan 1,5-2 sdt bubuk kopi luwak ke dalam Coffee Drip. Ratakan dengan menggunakan Pressing Tool. Letakkan Coffee Drip di atas cangkir, kemudian tuang air mendidih dengan suhu 95 derajat Celcius. Jangan lupa, tutup Coffee Drip dengan penutup yang sudah tersedia. Tunggu 6-8 menit, lalu matikan.

Cara 3
Gunakanlah alat French Press Coffee Maker. Masukkan bubuk kopi luwak ke dalam French Press. Tuang air mendidih secukupnya dengan suhu 95 derajat Celcius. Aduk sampai benar-benar rata. Tekan alat press secara perlahan, lalu tuangkan ke dalam cangkir pelan-pelan.

Cara 4
Ini adalah cara manual. Masukkan satu saset bubuk kopi luwak ke dalam cangkir. Tuangkan 150 cc air mendidih dengan suhu 95 derajat Celcius. Aduk hingga rata. Tutup cangkir dan tunggu selama 6-8 menit, lalu hidangkan. Maka kopi luwak akan terasa lebih nikmat jika dihidangkan tanpa gula.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...