Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Mengatasi Masalah Akibat Berhenti Mengkonsumsi Kafein



Minggu pertama biasanya merupakan saat-saat yang paling sulit bagi seseorang yang menghentikan pemakaian kafein. Untuk alasan ini, Anda mungkin sebaiknya mencoba mengurangi kafein sampai tubuh Anda menyesuaikan diri, dibandingkan menyisihkannya dari menu makan Anda sekaligus. Sakit kepala adalah gejala yang paling umum, yang biasanya dapat dikurangi dengan penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti acetaminophen dan ibuprofen. Anda juga mungkin harus mendapatkan tidur tambahan selama periode ini, yang dapat membantu mengurangi perasaan pening dan mudah tersinggung.

Kafein adalah zat adiktif. Dengan demikian, gejala penghentian kafein yang tidak nyaman dapat terjadi bila dihentikan secara tiba-tiba. Mengurangi stimulan secara bertahap dapat membuat gejala lebih mudah untuk diatasi. Jika Anda seorang peminum kopi, cara yang dapat diambil ialah dengan mencampurkan kopi berkafein dengan kopi tanpa kafein selama beberapa hari, sehingga tubuh Anda menjadi terbiasa dengan dosis kafein yang rendah. Kemudian, Anda dapat mencoba beralih ke minuman kopi tanpa kafein atau berhenti sama sekali.

Jika penurunan asupan kafein secara bertahap tidak mungkin, atau tidak diinginkan, gejala penghentian kafein mungkin akan lebih mengganggu pada awalnya. Sakit kepala adalah keluhan yang paling umum, terutama dalam beberapa hari pertama. Selain penghilang rasa sakit, Anda mungkin bisa mencoba mendapatkan pijat atau menghabiskan waktu di bak mandi air panas untuk bersantai meredakan sakit otot dan ketegangan yang disebabkan oleh penghentian kafein.

Meskipun banyak gejala penghentian kafein adalah gejala fisik, ada juga aspek psikologis yang bisa terjadi. Sebagai contoh, banyak orang yang bangun di pagi hari dan langsung menuju teko kopi untuk menikmati minuman pertama mereka di hari itu. Melewatkan kegiatan ini dapat menyebabkan kegelisahan saat seseorang membuat keputusan untuk menghilangkan kafein dari rutinitas mereka.

Selain minum kopi, mengonsumsi teh panas atau soda dapat menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, baik di pagi hari atau sepanjang hari. Menghentikan ritual ini secara tiba-tiba akan menghasilkan efek psikologis mengejutkan, seperti depresi. Untuk membantu mengatasi hal ini, Anda dapat beralih ke minuman tanpa kafein sehingga Anda tidak merasa kehilangan minuman favorit Anda. Jika Anda tiba-tiba mengingat tentang kafein yang hilang, cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda dengan kegiatan yang menyenangkan. Meskipun mungkin sulit untuk memusatkan perhatian Anda ke tempat lain, yakinlah bahwa gejala penghentian kafein biasanya tidak bertahan lebih dari satu atau dua minggu.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...