Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tips Cara Berhenti Minum Minuman Berkafein



Bagi banyak orang yang tertarik untuk menjalani gaya hidup sehat, mengatasi ketergantungan kafein dapat menjadi tujuan antara. Terlalu banyak kafein dalam minuman dapat menyebabkan sakit perut, mudah marah, mudah tersinggung, gugup, serangan panik dan gangguan lainnya. Berbagai varian minuman kopi juga dapat menambah kalori dan lemak yang tidak diinginkan. Tapi bagaimana Anda dapat berhenti minum kafein bila Anda telah tergantung pada minuman itu untuk menambah energi? Untungnya, gejala penghentian kafein terjadi dalam lima hari atau kurang pada kebanyakan orang, dan ada hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankannya.

Pertama, jangan berhenti minum kafein dengan serta merta. Lakukan dalam beberapa periode waktu untuk menghindari gejala penghentian seperti sakit kepala dan mual. Proses bertahap ini akan memberikan tubuh Anda waktu untuk pulih dan mengkompensasi stimulan yang hilang.

Jika kopi menjadi favorit Anda, cara yang baik untuk berhenti minum kafein adalah dengan menyapih diri darinya dengan cara mencampur minuman kopi biasa dengan kopi tanpa kafein (decaf) sehingga menjadi kopi "setengah-kafein". Dengan membuat campuran 50/50 dari kopi berkafein dan tanpa kafein yang digiling bersama, Anda pada dasarnya memotong asupan kafein hingga setengahnya tanpa mengorbankan kebiasaan minum kopi Anda. Jika Anda meminum kopi di tempat kerja, bawalah kopi tanpa kafein dari rumah dalam teko atau termos. Isi cangkir Anda dengan setengah cangkir kopi tanpa kafein sebelum ditambah kopi dari tempat kerja Anda.

Ketika Anda membuat keputusan untuk berhenti minum kafein pastikan Anda memperhatikan keadaan diri Anda dengan baik. Dapatkan tidur yang cukup sehingga Anda bangun dalam keadaan segar, dan ingat bahwa olahraga adalah stimulan alami. Bahkan olahraga ringan yang dilakukan secara teratur akan membantu meningkatkan proses penyembuhan alami tubuh, menangkal perasaan lesu yang mungkin timbul akibat mengurangi asupan kafein. Semakin banyak Anda berolahraga  semakin baik perasaan Anda. Jika Anda memiliki keterbatasan fisik, konsultasikan dengan dokter atau pelatih yang berkualitas untuk olahraga yang tepat.

Menu makan juga penting untuk menjaga energi dan rasa bahagia. Hindari ayunan gula darah dengan makan makanan seimbang, dengan makanan yang merupkan sumber protein, karbohidrat sehat, dan hindari permen dengan cara menggantinya dengan buah untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tubuh Anda akan menghasilkan semua energi yang Anda butuhkan ketika dalam keadaan seimbang dan sehat.
Dengan membuat perubahan ini, Anda dapat berhenti minum kafein dengan sedikit atau tanpa efek buruk. Setelah seminggu mengurangi kafein hinggasetengah, kurangi lagi lebih lanjut, dan seterusnya, sampai Anda berhenti minum kafein sama sekali.

Sebagian orang memilih untuk berhenti minum kafein secara langsung, daripada mengambil jalan bertahap. Peminum soda atau kopi berat yang berhenti minum kafein secara mendadak biasanya mengalami sakit kepala dengan kemungkinan mual selama 2-5 hari, setelah itu kimia otak takan kembali normal. Efek samping kafein lainnya adalah kelesuan dan depresi ringan yang dapat memakan waktu lebih lama untuk diatasi bila Anda tidak memperoleh menu makan, istirahat, dan olahraga yang baik.

Kebanyakan ahli setuju bahwa asupan kafein moderat 100-300 miligram (mg) per hari tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan bagi orang dewasa, dengan pengecualian beberapa orang lebih sensitif dari orang lain terhadap zat tersebut. Secangkir kopi drip rata-rata mengandung 100-135 mg kafein, sedangkan secangkir kopi tanpa kafein mengandung 2-5 mg kafein. Soda berkisar 34-55 mg kafein tergantung pada merek, dengan soda bebas kafein tidak mengandung kafein.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...