Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Teko Kopi : Alat Pembuat Kopi dengan Metode Klasik



Teko kopi merupakan salah satu dari jenis pot klasik yang digunakan untuk memanaskan air yang juga menjadi alat untuk membuat atau mewadahi kopi. Teko kopi paling mungkin merujuk ke sebuah alat masak yang dipanaskan di atas api unggun, kompor atau dengan listrik yang memiliki wadah terpisah untuk bubuk kopi.

Banyak orang yang merujuk teko kopi sebagai peralatan untuk memanaskan air dengan wadah bubuk kopi terpisah  untuk menghindari ampas tercampur dengan minuman yang dihasilkan. Saat ini, beberapa bentuk paling umum dari teko tersebut adalah percolator, yang dapat menggunakan sumber panas dari api atau listrik yang dicolokkan ke dinding. Ketika sudah panas, air akan bergerak ke dalam wadah atas yang berisi bubuk kopi untuk bercampur dan menghasilkan minuman kopi.

Ada banyak jenis teko kopi yang tersedia. Yang murah terbuat dari aluminium dan dapat digunakan di atas kompor atau api unggun. Varian yang lebih mahal dilengkapi dengan fitur tambahan atau bahan berkualitas tinggi dan dapat digunakan di atas kompor atau menggunakan sumber listrik.

Jenis-jenis yang teko kopi paling sederhana biasanya mampu membuat antara empat dan delapan cangkir kopi, tetapi beberapa bisa berkapasitas lebih besar dan membuat 16 sampai 20 cangkir atau lebih. Sebagian besar dari alat dapur ini memiliki desain yang mirip dengan dilengkapi corong dan pegangan. Perangkat untuk tujuan komersial atau industri yang sangat besar mungkin tidak dilengkapi dengan pegangan dan mungkin memiliki keran di bagian bawah untuk mempermudah dalam menuangkan kopi.

Drip coffee maker listrik, mesin espresso, dan french press memerlukan air yang dipanaskan di luar perangkat ini. Karenanya mereka tidak benar-benar cocok disebut “teko kopi” karena tidak merebus air saat membuat kopi.







Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...