Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Teko Filter : Teko dengan Penyaring Air Built-in



Istilah teko filter paling sering digunakan untuk merujuk pada teko teh yang dilengkapi dengan teknologi penyaringan air built-in. Teko ini dirancang untuk diisi air keran, disaring, dan dididihkan sehingga memberikan air murni. Ada banyak jenis teko filter, tapi kebanyakan portabel, dan sebagian besar merupakan teko listrik.

Para ahli kesehatan telah lama menganjurkan penggunaan sistem penyaringan air rumah, terutama di daerah dengan air keras (sadah, kaya mineral) atau di rumah yang struktur pipanya sudah tua. Kotoran seringkali dapat dengan mudah memasuki aliran air. Tidak semua kotoran berbahaya, tetapi mereka sering mempengaruhi rasa air dan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan pada paparan berkelanjutan. Menggunakan teko filter menghemat langkah penyaringan air sebelum direbus.

Teko filter biasanya juga bisa mengatasi masalah scaling dan pewarnaan. Air yang sadah sering menyebabkan deposit tertentu, biasanya kalsium, magnesium, dan garam lainnya ketika direbus. Mineral-mineral ini membentuk kristal putih atau noda di sisi teko, yang dikenal sebagai scaling. Menyaring air sebelum perebusan adalah satu-satunya cara untuk mencegah terbentuknya scaling. Setelah deposit terbentuk, bisa sangat sulit untuk dihilangkan.

Teko filter adalah filter air dan teko dalam satu perangkat. Kebanyakan model bekerja dengan cara mendorong air keran melalui filter tahan panas, kemudian memanaskan air yang berada di wadah bawah. Teko filter hampir semuanya merupakan teko listrik, dan sebagian besar diprogram untuk secara otomatis mati setelah air mendidih. Teko listrik mencegah overheating dan paparan langsung setiap komponen teko dengan sumber panas.

Banyak juga model yang tanpa kabel. Teko listrik tanpa kabel ditaruh di atas sebuah alas pemanas yang umumnya dicolokkan ke stopkontak. Keuntungan untuk teko filter tanpa kabel adalah perangkat ini bisa cepat diangkat, dan kemudian digunakan sebagai teko biasa, bisa dibawa ke meja, dipindah-tangankan dari orang ke orang, atau mudah di bawah ke daerah sekitar.

Teko filter umumnya dibuat dari plastik. Yang biasanya efektif dan tersedia di berbagai toko alat masak. Model yang lebih high-end sering terbuat dari stainless steel. Teko stainless steel sering terlihat ramping, tapi tidak memiliki perbedaan nyata dalam hal kemampuan untuk menyaring dan merebus air.

Seiring waktu, filter dalam teko dapat diganti. Produsen biasanya merekomendasikan mengganti filter setiap 100 kali pemakaian. Beberapa teko yang paling canggih memiliki "meter filter" di bagian sisi, yang menunjukkan tanda bila dibutuhkan penggantian filter.

Sering pula, istilah "teko filter" juga bisa merujuk pada teko yang tidak dilengkapi sistem penyaring air, tetapi dengan penyaring teh atau kopi built-in. Perangkat ini lebih dikenal sebagai teko infuser. Teko ini bekerja untuk menyeduh secangkir kopi atau teh lepas.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...