Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tanda-tanda Ketergantungan Kafein



Kebutuhan untuk minum secangkir kopi dengan segera setelah bangun di pagi hari adalah tanda-tanda ketergantungan kafein, seperti juga terjadinya sakit kepala, perasaan lesu, dan gejala layaknya flu saat kafein tidak dikonsumsi. Konsumsi Kafein mempengaruhi perasaan, tingkat energi seseorang, dan fungsi-fungsi tubuh tertentu. Seperti obat psikoaktif lainnya, ketergantungan kafein menyebabkan gejala penghentian tertentu ketika seseorang tidak mengkonsumsinya selama waktu tertentu, biasanya setengah hari hingga satu hari tanpa kafein.

Tanda umum dari ketergantungan kafein adalah sakit kepala sekitar sehari setelah putus kafein. Biasanya, sakit kepala akan terjadi selama beberapa hari setelah seseorang berhenti minum kopi atau mengkonsumsi minuman berkafein lainnya. Dalam beberapa kasus, sakit kepala bisa bertahan hampir dua minggu setelah penghentian kafein. Sakit kepala seseorang dapat menjadi bagian dari gejala flu yang terjadi sebagai akibat dari ketergantungan kafein, termasuk nyeri tubuh, kekakuan pada otot, dan bahkan mual dan muntah.

Tanda-tanda umum ketergantungan dan penghentian kafein lainnya mencakup perasaan mengantuk, sulit berkonsentrasi, dan perasaan lesu. Seseorang mungkin menjadi mudah marah, depresi, atau bingung. Beberapa orang mengalami pilek atau berkeringat berlebihan. Tanda-tanda ini dapat menemani sakit kepala, atau mereka dapat terjadi secara tunggal.

Walaupun orang yang mengkonsumsi banyak kafein setiap hari lebih mungkin untuk mengalami gejala penghentian yang lebih intens, ketergantungan kafein dapat terjadi pada orang yang hanya mengkonsumsi sejumlah kecil kafein setiap hari. Bahkan hanya minum secangkir kopi setiap hari dapat menyebabkan ketergantungan fisik pada kafein.

Meskipun tanda-tanda penarikan akan terjadi setelah seseorang berhenti mengkonsumsi kafein, masih diperdebatkan apakah kecanduan kafein merupakan hal yang nyata bagi kebanyakan orang. Sebagian akan berpendapat bahwa orang minum kopi dan minuman berkafein lainnya karena kebiasaan, bukan karena mereka merasa perlu sebagaimana pecandu alkohol merasa perlu untuk minum dan perokok harus mendapatkan rokok. Namun, sejumlah orang dilaporkan tidak mampu berhenti mengkonsumsi kafein meskipun mereka ingin. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang yang berjuang dengan ketergantungan kafein sebagian besar juga berjuang dengan kecanduan obat lain yang lebih berbahaya, seperti alkohol atau narkotika, dan ketergantungan pada kafein berkorelasi dengan ketergantungan pada obat lain.

Meskipun ada kepastian terjadinya gejala penghentian, dalam banyak hal menggunakan kafein biasanya tidak berbahaya sebagaimana obat yang diterima secara sosial lainnya, seperti nikotin atau alkohol. Kecuali seseorang memiliki kondisi yang mendasar, seperti jantung berdebar atau kecemasan yang diperparah dengan kafein, minum secangkir kopi atau segelas soda biasanya tidak akan membahayakan bagi si pengkonsumsinya.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...