Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Tanda-tanda Kecanduan Kafein



Kebanyakan orang yang mengkonsumsi kafein secara teratur, bahkan dengan hanya mengkonsumsi sekaleng soda atau secangkir kopi setiap hari, dapat membentuk kecanduan kafein ringan. Beberapa dokter menyebut kecanduan ini serius, sementara yang lain merasa bahwa efek kecanduan kafein tidak separah dari bentuk-bentuk kecanduan lainnya. Pertanyaan mengenai apakah kecanduan kafein berbahaya bagi seseorang masih merupakan objek perdebatan.

Salah satu tes standar untuk mendefinisikan seseorang mengalami kecanduan adalah bila seseorang tidak mampu berhenti mengkonsumsi, dan bahkan menyebabkan mereka membahayakan diri sendiri, atau bahkan melukai keluarga atau mereka sendiri. Hanya sedikit orang yang menggunakan kafein akan membahayakan keluarga mereka.
Orang yang kecanduan kafein biasanya akan mengkonsumsi sekitar 100 mg kafein per hari, yang setara dengan sekitar setengah cangkir kopi. Jadi orang-orang yang minum secangkir kopi setiap hari sudah dianggap kecanduan.

Kecanduan kafein dapat diketahui lebih lanjut dengan melihat apa yang terjadi akibat penghentian asupan kafein. Gejala penghentian asupan kafein mungkin terjadi antara 12-24 jam setelah seseorang mendapatkan dosis kafein terakhir. Gejala umum adalah sakit kepala, kelelahan, keletihan, kemurungan, gejala seperti flu, nyeri otot, dan kesulitan berkonsentrasi. Kebanyakan orang yang berhenti menggunakan kafein mengungkapkan sakit kepala dan perasaan lelah sebagai gejala utama.

Menurut Roland Griffiths, yang menganjurkan agar kecanduan kafein dianggap lebih serius oleh bidang medis dan psikiatris, sekitar 13% dari orang-orang yang menghentikan kecanduan kafein juga mengalami gejala cukup parah yang mempengaruhi kemampuan kerja mereka untuk sementara. Beberapa orang merasa sakit, lelah, atau bingung dan mungkin membutuhkan beberapa hari untuk libur kerja karena berpikir mereka mendapat flu.

Gejala kecanduan kafein akan berakhir dalam beberapa hari setelah asupan kafein terakhir. Beberapa orang mungkin terus mengalami gejala ini sampai sembilan hari setelah asupan terakhir mereka. Banyak orang yang kembali mengkonsumsi kafein untuk menghentikan gejala tersebut, menunjukkan mereka menggunakan kafein bukan untuk kesenangan, tetapi sebagai cara untuk menahan diri dari gejala penghentian.

Dan tentu saja, beberapa orang memiliki kondisi kesehatan yang dapat diperburuk oleh kafein. Kafein dapat meningkatkan nyeri payudara selama sindrom pramenstruasi, dan mungkin terkait dengan kondisi kesehatan lainnya.

Ada juga beberapa manfaat kesehatan menggunakan kafein. Misalnya, kafein dapat membantu mempercepat denyut jantung saat melakukan olahraga aerobik, yang dapat menurunkan berat badan lebih banyak. Bila dikonsumsi dalam jumlah kecil, kafein mungkin bisa sedikit menekan nafsu makan.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...