Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Pro Kontra Permen Karet Berkafein



Seperti namanya, permen karet berkafein adalah permen karet yang telah ditambahkan kafein untuk menciptakan efek stimulan ringan bagi konsumennya. Para pendukung permen karet berkafein berpendapat bahwa produk ini memberikan efek yang lebih cepat dibandingkan sumber kafein umum lainnya, dan ia memiliki lebih sedikit efek samping negatif dibandingkan kebanyakan sumber kafein alternatif. Pihak lainnya berpendapat bahwa banyak produk permen karet berkafein yang mengandung bahan-bahan yang tidak sehat atau buatan, dan, karena mengandung kafein, terlalu sering menggunakan permen karet ini dapat mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan.

Permen karet berkafein telah tersedia di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Jepang sejak akhir abad ke-20. Di AS, sebagian hasil penelitian yang dilakukan oleh militer pada awal tahun 2000, permen karet berkafein mendapat perhatian luas dari publik. Studi militer menyimpulkan bahwa permen karet yang mengandung kafein bisa menyediakan sumber energi yang lebih efektif untuk pasukan yang kurang tidur dibandingkan produk seperti kopi atau minuman berenergi.

Sepotong permen karet berkafein reguler mengandung antara 40 hingga 100 miligram kafein. Sebagai perbandingan, secangkir kecil kopi mengandung sekitar 75 sampai 100 miligram kafein. Perbedaan utama antara permen karet dan minuman berkafein, bagaimanapun, adalah alur penyerapan mereka. Kafein yang ditemukan dalam minuman umumnya diserap melalui usus dan perut, sebuah proses yang bisa memakan waktu hingga satu jam. Sebaliknya, kafein yang ditemukan dalam permen diserap melalui jaringan mulut, dan dengan demikian mulai memasuki aliran darah dan meningkatkan energi dalam waktu lima menit.

Menurut pendukung permen karet berkafein, selain dengan tingkat penyerapan yang cepat, produk ini juga dapat menyebabkan lebih sedikit efek samping negatif dibandingkan sumber kafein umum lainnya. Misalnya, permen karet berkafein umumnya tidak menodai gigi sebagaimana kopi. Karena tidak cair, produk ini tidak menciptakan peningkatan kebutuhan untuk buang air kecil. Selanjutnya, mereka juga mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan beberapa sumber kafein lainnya.

Beberapa kritikus berpendapat bahwa banyak produk permen karet berkafein mengandung bahan-bahan buatan yang tidak sehat dan juga gula yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Selain itu, para penentang ini berpendapat bahwa, karena produk ini mengandung kafein, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan overdosis kafein, yang pada gilirannya menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan seperti sakit kepala, jantung berdebar-debar, agitasi, sulit tidur dan mual. Kemungkinan overdosis menjadi perhatian khusus bagi banyak orang tua dan pengasuh anak karena permen karet memiliki daya tarik yang luas di kalangan anak-anak, banyak di antaranya mungkin belum memahami risiko penggunaan kafein.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...