Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Perbedaan Antara Decanter dan Carafe



Decanter
Baik decanter dan carafe dapat digunakan sebagai wadah untuk cairan seperti anggur dan minuman beralkohol lainnya. Adapun perbedaan mereka, beberapa orang mengatakan bahwa decanter biasanya memiliki gabus, dan carafe tidak. Namun, perbedaan nyata mereka terletak pada tujuan dan fungsinya.

Dibandingkan dengan carafe, decanter mungkin memiliki peran yang lebih penting dalam dunia wine. Botol ini digunakan selama proses dekantasi wine, maka ia dinamakan, decanter; red wine khususnya, terutama yang tua, dapat membentuk sedimen di bagian bawah botol. Sedimentasi ini dapat mengakibatkan rasa pahit dan tidak menyenangkan. Setelah sedimen menetap di bagian bawah, anggur dapat dituangkan ke dalam decanter, yang sekarang telah menjadi anggur murni.

Carafe, di sisi lain, berfungsi sebagai botol dekoratif atau wadah untuk membuat tata letak meja terlihat lebih elegan. Mereka juga dapat berisi minuman lain selain anggur atau minuman keras, dan dapat digunakan untuk jus dingin atau hangat. Beberapa carafe bahkan dilengkapi dengan isolator untuk menjaga suhu minuman bertahan dalam jangka waktu lama.

Carafe
Carafe tidak dilengkapi dengan stopper atau gabus untuk membuatnya lebih nyaman saat menuangkan minuman. Decanter mungkin memerlukan tutup gabus untuk mencegah udara mencemari anggur dan menghindari minuman tumpah. Tujuan penggunaan decanter dan carafe bisa mendikte bahan baku yang digunakan untuk membuat botol. Kaca biasanya bahan primer dan satu-satunya material untuk decanter, dan carafe bisa menggunakan bahan lain seperti plastik atau logam. Kaca transparan penting bagi decanter agar si penuang dapat melihat apakah ada atau tidak ada sisa sedimen dalam anggur.

Baik decanter dan carafe dapat berdesain bagian bawah yang lebar, leher meruncing, dan bibir yang juga lebar. Perbedaannya adalah decanter cenderung memiliki bagian bawah yang lebih lebar dan leher yang lebih panjang. Carafe cenderung memiliki leher yang lebih luas, dan tubuh secara keseluruhan lebih panjang untuk mengakomodasi volume cairan yang lebih besar. Baik decanter atau carafe dapat digunakan untuk menyajikan wine dan minuman lain, meskipun carafe lebih sering digunakan untuk keperluan makan sehari-hari. Decanter, di sisi lain, digunakan hanya jika wine tua akan disajikan, karena wine biasanya dibuka dan diminum dalam beberapa hari.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...