Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Pengertian Stimulan



Kopi, stimulan yang diterima secara sosial
Stimulan adalah zat kimia yang meningkatkan aktivitas dalam sistem saraf pusat dan perifer, mengintensifkan kondisi mental atau fisik seseorang. Seseorang yang menggunakan stimulan biasanya mengalami peningkatan kewaspadaan, produktivitas, dan daya tahan saat melakukan kegiatannya. Ada berbagai jenis stimulan, yang biasa digunakan dalam obat-obatan, produk sehari-hari dan minuman, dan juga obat-obatan terlarang. Efek stimulasi dapat diturunkan dari nikotin, kafein, methamphetamine, kokain, dan obat-obatan berbahaya lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa ada risiko signifikan bila terjadi kecanduan psikologis dan fisiologis pada bahan-bahan stimulan, bahkan pada eksposur yang sangat terbatas.

Bahan kimia dalam otak yang dikenal sebagai neurotransmitter, termasuk dopamin, epinefrin, dan norepinefrin, sangat penting untuk melepaskan hormon dan respon tubuh terhadap rasa sakit dan memberi kenikmatan. Neurotransmitter secara teratur dirilis sebagai respon terhadap stimulus, dan diserap kembali untuk menjaga kecukupan pasokan. Ketika seseorang mengkonsumsi stimulan, dopamin dan norepinefrin dalam jumlah besar dilepaskan dan dicegah agar tidak diserap kembali, menyebabkan dorongan sementara dalam hal kenikmatan dan penurunan rasa sakit. Namun, seiring waktu pasokan neurotransmitter otak akan habis, menyebabkan gejala intens akibat penghentian, mengantuk, dan kelelahan.

Stimulan yang paling umum dan paling diterima secara sosial adalah kafein, yang ditemukan dalam banyak jenis soda, kopi, teh, minuman energi, dan cokelat. Seperti perangsang lainnya, kafein meningkatkan dopamin dan norepinefrin untuk sementara waktu, menyebabkan kewaspadaan dan perasaan terjaga, tetapi juga mengakibatkan peningkatan denyut jantung dan kecemasan. Nikotin, yang biasanya berasal dari rokok dan mengunyah tembakau, menghasilkan efek jangka pendek yang serupa. Pil diet dan minuman energi yang dijual bebas merangsang pikiran dan metabolisme tubuh, mengurangi dorongan untuk mengkonsumsi makanan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Obat resep tertentu, termasuk obat-obatan untuk gangguan AHD, narkolepsi, dan asma, juga dianggap stimulan.

Banyak jenis obat-obatan terlarang yang diklasifikasikan sebagai stimulan, termasuk kokain, ekstasi, dan methamphetamine. Obat yang sangat adiktif seperti ini menyebabkan perasaan euforia, penurunan kemampuan tubuh untuk merasakan nyeri, peningkatan kewaspadaan dan energi yang signifikan, dan kehilangan nafsu makan. Pada sebagian besar orang, sering menggunakan obat ini akan menyebabkan ketergantungan dengan cepat. Seseorang biasanya membangun toleransi terhadap stimulan dari waktu ke waktu, yang berarti ia membutuhkan lebih dan lebih banyak obat untuk mencapai efek yang diinginkan, dan secara signifikan meningkatkan risiko terjadinya konsekuensi overdosis dan masalah kesehatan serius. Selain itu, pengguna obat akan mengalami gejala penghentian parah secara fisik dan psikologis ketika obat-obatan tidak tersedia.

Seseorang yang kehidupan sehari-harinya telah terganggu akibat kecanduan stimulan dapat menerima bantuan dengan mencari bimbingan seorang dokter atau profesional kesehatan mental. Seorang dokter atau psikolog dapat merekomendasikan detoksifikasi berupa rawat inap, rehabilitasi penyalahgunaan zat, kelompok pendukung, atau sesi pertemuan reguler dengan konselor untuk membantu seseorang mengatasi kecanduannya. Dengan menghindari penggunaan zat kimia ini dan mengembangkan kebiasaan sehat, banyak orang yang mampu untuk pulih dari kecanduan dan kembali ke kehidupan normal.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...