Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Pengertian Kafein



Definisi
Kafein adalah obat yang merangsang sistem saraf pusat.

Deskripsi
Kafein ditemukan secara alami dalam kopi, teh, dan cokelat. Cola dan beberapa minuman ringan lainnya mengandung kafein. Kafein juga tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul dan dapat dibeli tanpa resep dokter. Beberapa penghilang rasa sakit, obat-obatan untuk sakit kepala migrain, dan antihistamin juga mengandung kafein.

Penggunaan Umum
Kafein membuat orang lebih waspada, mengurangi kantuk, dan meningkatkan koordinasi. Bila dikombinasikan dengan penghilang rasa sakit tertentu atau obat-obatan untuk mengobati sakit kepala migrain, kafein membuat obat tersebut bekerja lebih cepat dan efektif. Kafein sendiri juga dapat membantu meringankan sakit kepala. Antihistamin kadang-kadang dikombinasikan dengan kafein untuk melawan rasa kantuk yang disebabkan obat tersebut. Kafein kadang-kadang juga digunakan untuk mengobati kondisi lain, termasuk masalah pernapasan pada bayi yang baru lahir dan bayi setelah operasi.

Yang Harus Dicermati
Kafein tidak boleh digunakan secara teratur untuk tetap terjaga karena kafein dapat menyebabkan gangguan tidur yang serius seperti insomnia. Orang-orang yang menggunakan sejumlah besar kafein akan membangun toleransi padanya dalam jangka panjang. Ketika itu terjadi, mereka harus menggunakan lebih banyak dan lebih banyak kafein untuk mendapatkan efek yang sama. Penggunaan kafein berat juga dapat menyebabkan ketergantungan. Jika orang tersebut kemudian berhenti menggunakan kafein secara tiba-tiba, gejala penarikan mungkin terjadi. Ini dapat termasuk sakit kepala berdenyut, kelelahan, mengantuk, menguap, lekas marah, gelisah, muntah, atau hidung meler. Gejala-gejala ini bisa berlangsung selama seminggu jika konsumsi kafein dihindari. Kemudian gejala biasanya akan menghilang.

Jika diminum terlalu dekat dengan waktu tidur, kafein dapat mengganggu tidur.

Gagasan bahwa kafein membantu orang yang mabuk setelah minum terlalu banyak alkohol adalah sebuah mitos. Bahkan, menggunakan kafein dan alkohol bersama bukanlah ide yang tepat. Kombinasi tersebut dapat menyebabkan sakit perut, mual, dan muntah.

Orang tua mungkin lebih sensitif terhadap kafein dan dengan demikian lebih mungkin untuk mendapatkan efek samping tertentu, seperti mudah marah, kegelisahan, kecemasan, dan masalah tidur .

Anak di bawah usia 12 tahun biasanya harus menghindari kafein.

Efek Samping
Meskipun kafein digunakan untuk mengobati sakit kepala, konsumsi minuman yang mengandung kafein secara teratur dalam jumlah besar dapat menyebabkan sakit kepala parah.
Kelebihan penggunaan kafein oleh anak-anak menyebabkan penurunan jam tidur malam hari, tapi meningkatkan tidur di siang hari.

Interaksi
Obat-obatan tertentu mengganggu pemecahan kafein dalam tubuh. Ini termasuk kontrasepsi oral yang mengandung estrogen, obat antiarrhythmia, mexiletine (Mexitil), dan obat maag, cimetidine (Tagamet).

Kafein mengganggu obat yang mengatur irama jantung, seperti quinidine dan propranolol (Inderal). Kafein juga dapat mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Siapapun yang menggunakan suplemen zat besi harus mengkonsumsinya setidaknya satu jam atau dua jam setelah menggunakan kafein.

Efek samping yang serius mungkin terjadi bila kafein dikombinasikan dengan obat-obatan tertentu. Misalnya, mengkonsumsi kafein dengan dekongestan phenylpropanolamine dapat meningkatkan tekanan darah. Masalah jantung yang sangat serius dapat terjadi jika inhibitor kafein dan monoamine oxidase ( MAO ) dikonsumsi bersama-sama. Obat ini digunakan untuk mengobati penyakit parkinson, depresi, dan kondisi kejiwaan lainnya. Orang-orang yang menggunakan obat-obatan ini harus berkonsultasi dengan apoteker atau dokter tentang obat yang dapat berinteraksi dengan kafein.

Karena kafein merangsang sistem saraf, orang yang menggunakan stimulan sistem saraf pusat (SSP) lainnya harus berhati-hati mengenai penggunaan kafein .

Penggunaan
Konsumsi kafein dalam jumlah moderat biasanya tidak berhubungan dengan efek samping tertentu. Sebagai aturan, asupan harian 300 miligram seharusnya tidak menimbulkan masalah. Daftar berikut memberikan perkiraan jumlah kafein dalam makanan umum, tetapi konsentrasi sebenarnya mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.
  • kopi, 115 mg
  • teh hitam, 40 mg
  • cola dan minuman ringan lainnya, 18 mg
  • susu cokelat, 5 mg
  • cokelat susu ( 1 ons ) 6 mg

ISTILAH KUNCI

Arrhythmia
- Setiap penyimpangan dari irama jantung normal.

Sistem Saraf Pusat - Bagian dari sistem saraf yang terdiri dari otak, saraf kranial, dan sumsum tulang belakang. Otak merupakan pusat dari proses yang lebih tinggi, seperti pikiran dan emosi dan bertanggung jawab untuk mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan tubuh dan interpretasi informasi dari indra. Saraf kranial dan sumsum tulang belakang menghubungkan otak ke sistem saraf perifer, yang merupakan saraf yang ada di seluruh tubuh.
 
Gejala Penarikan - kelompok gejala fisik dan / atau mental yang mungkin terjadi ketika seseorang tiba-tiba berhenti menggunakan obat atau bahan lainnya yang mana ia telah mengalami ketergantungan.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...