Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Peluang Produksi Kopi Luwak



Jika Anda menjadi produsen kopi, maka bisnis Anda berpeluang besar untuk sukses. Permintaan kopi setiap tahunnya cenderung naik. Anda bisa menjual kopi yang Anda produksi ke Jepang, Hongkong, dan beberapa negara di Eropa. Di dalam negeri, pasar untuk usaha ini juga masih terbuka, termasuk jika Anda ingin menjadi produsen kopi luwak.

Di AS, kopi luwak sangat disukai. Tapi, jumlah ekspor kopi jenis ini dari Indonesia masih belum memadai. Pengiriman secara nasional masih tidak bisa dipastikan setiap bulannya, karena petani kopi sangat tergantung dari pola dan jadwal konsumsi binatang luwaknya, apakah ia mau makan banyak atau tidak.

Pasar nasional untuk kopi luwak sangat menggiurkan. Jika Anda menjadi produsen kopi, maka Anda akan dihadapkan pada keragaman harga jual kopi luwak. Misalnya kopi yang masih dalam bentuk feses dihargai sekitar Rp 200.000 per Kg. Lainnya, kopi luwak yang siap santap dihargai Rp 400.000 per Kg. Dan yang sudah siap dengan kemasan bisa mencapai harga Rp 1 juta. Bahkan di sejumlah hotel di Jakarta, harga kopi ini bisa mencapai Rp 2 juta per Kg. Sementara kopi luwak dalam bentuk brenjel atau gelondngan kotoran dijual Rp 200.000 hingga Rp 250.000 per Kg dan kopi luwak dalam bentuk biji bersih siap giling adalah Rp 350.000 hingga Rp 500.000.

Di luar negeri, harga kopi luwak dalam bentuk bubuk bisa mencapai Rp 5-8 juta per Kg. Bandingkan dengan biji kopi Hacienda dari Panama dan kopi st. Helena dari Afrika yang masuk di dalam jajaran kopi termahal dunia dengan harga masing-masing Rp 1,5 juta dan Rp 1 juta per Kg.

Kunci sukses dalam membuka usaha kopi luwak adalah menjaga kualitas kopi tersebut. Jangan biarkan kualitas kopi yang Anda jual justru menurun. Kalau sudah menurun, maka pelanggan pun hilang. Tapi, jika kualitas kopi baik, maka orang akan setia menjadi pelanggan Anda.

Kesulitan untuk menjaga kualitas kopi luwak dapat terjadi ketika permintaan biji kopi di luar negeri sedang meningkat. Banyak petani yang memilih untuk mengekspor kopinya daripada dijual di dalam negeri. Hal ini bisa menyebabkan penjual kopi di Indonesia tak kebagian bahan baku. Namun Anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Biji kopi bisa disimpan sampai lima tahun. Bahkan dalam usia 4-5 tahun, rasanya akan semakin keluar. Tapi, jangan sampai lebih dari lima tahun karena biji kopi bisa rusak.

Jika Anda menjadi produsen kopi luwak, maka permasalahan utama yang menghinggapi Anda adalah masalah sertifikasi keaslian produk kopi yang belum jelas urusannya. Pemerintah sering kali lamban merespon hal ini. Padahal kalau ada permintaan skala besar, apalagi untuk ekspor, pembeli mensyaratkan adanya sertifikasi standar internasional untuk memastikan keaslian kopi luwak. Kondisi semacam ini membuat rencana order dalam jumlah besar pun gagal di tengah jalan hanya karena tidak ada sertifikat yang menjamin keaslian kopi luwak.

Selain masalah sertifikasi keaslian, Anda juga harus memperhatikan isu soal halal atau haram dari produk kopi luwak. Meski sekarang ini kopi luwak sudah terjawab sebagai produk halal, sebelumnya penjualan kopi luwak sempat merosot karena isu ini.

Bahkan masalah dikotomi kopi luwak hasil penangkaran dengan kopi luwak alam bebas pun bisa menjadi sandungan untuk bisnis Anda. Sebagai produsen kopi luwak, produk kopi luwak hasil penangkaran sebenarnya justru lebih terjamin kebersihannya. Sedangkan kopi luwak hasil pengumpulan kotoran luwak di alam bebas justru masih diragukan kebersihannya. Maklum, di alam bebas luwak biasanya memakan segala jenis makanan, termasuk bangkai-bangkai binatang.

Walaupun pasar kopi luwak saat ini benar-benar masih gelap dari sisi kontinuitas pembeli skala besar, soal standar keaslian, termasuk perdebatan soal kualitas kopi luwak penangkaran dengan kopi luwak alami, namun Anda tak perlu gentar untuk menjadi produsen kopi luwak. Tentu saja dengan menjaga keasliannya demi kepuasan konsumen Anda.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...