Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Mengenal Binatang Luwak



Luwak tergolong binatang yang sering menjadi masalah bagi petani kopi. Ia memakan buah-buahan dan biji-bijian, termasuk buah kopi. Ia juga cendrung merusak lahan perkebunan kopi para petani dan mencuri hasil panen kopi di kebun. Dengan karakter seperti itu maka luwak pun merugikan petani kopi. Bahkan para peternak unggas maupun pemilik ternak unggas rumahan merasa luwak adalah hama yang sangat merisaukan karena selalu mencuri dan memakan unggas-unggas. Akibatnya, tidak sedikit dari petani dan peternak unggas yang memburu luwak lalu membunuhnya.

Namun luwak saat ini justru dianggap bermanfaat. Ia mengupas kulit merah dan menelan utuh buah kopi. Lalu, melalui proses pencernaan ia melakukan fermentasi di dalam perutnya. Hasilnya, kopi dikeluarkan lagi secara utuh yang terbungkus cangkang dalam bentuk gumpalan feses. Nah, feses luwak inilah yang dikumpulkan oleh petani kopi kemudian dibersihkan. Biji kopi dipisahkan dari cangkangnya, kemudian dikeringkan. Maka lahirlah kopi luwak.

Mengenal Luwak
Musang atau luwak adalah hewan menyusui (mamalia) yang termasuk suku musang dan garangan. Luwak di Malaysia dikenal dengan nama musang pulut. Hewan ini juga dikenal dengan berbagai sebutan lain seperti musang (nama umum, Betawi), careuh (Sunda), dan luwak (Jawa).

Luwak adalah binatang omnivora. Selain buah kopi, luwak juga mengonsumsi buah segar dan matang yang ditanam seperti pisang, kakao, dan pepaya. Tidak hanya itu, luwak juga memakan anak ayam petani sehingga dianggap sebagai hama yang diburu. Terlepas dari itu semua, saat ini luwak mulai sulit ditemukan.

Ciri-ciri
Luwak mempunyai ukuran tubuh sedang, dengan panjang total sekitar 90 cm (termasuk ekor, sekitar 40 cm atau kurang) dengan warna abu-abu kecoklatan dan ekor hitam-coklat mulus. Sisi atas tubuhnya berwarna abu-abu kecoklatan dengan variasi dari warna tengguli (coklat merah tua) sampai kehijauan. Jalur di punggung berwarna lebih gelap, biasanya berupa tiga atau lima garis gelap yang tidak begitu jelas dan terputus-putus atau membentuk deretan bintik-bintik besar.

Sisi samping dan bagian perut luwak kelihatan lebih pucat. Terdapat beberapa bintik samar di sisi kanan dan kiri tubuhnya. Wajah, kaki dan ekor berwarna coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga di bawah telinga berwarna keputih-putihan, seperti beruban. Satu garis hitam samar-samar lewat di tepi dahi, dari arah hidung ke atas kepala. Dan luwak betina memiliki tiga pasang puting susu.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...