Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Masala Chai : Teh Rempah Asal India



Masala chai adalah teh susu berbumbu yang berasal dari India. Minuman ini dibuat dengan menggunakan empat bahan dasar: teh, susu, pemanis, dan rempah-rempah. Tidak ada resep standar untuk membuat teh ini karena setiap orang membuatnya sesuai dengan keinginan atau seleranya. Proporsi bahan adalah variabel pokok bagi rasa, seperti dengan menggunakan rempah-rempah pilihan. Banyak rumah tangga India membuat chai ala mereka sendiri berdasarkan apa yang mereka inginkan.

Kebanyakan masala chai dibuat dari daun teh hijau atau hitam, meskipun di beberapa daerah, penggemar lebih suka teh khusus yaitu daun teh digulung menjadi bola-bola kecil (disebut gunpowder tea). Untuk susu, susu sapi merupakan pilihan utama. Susu kerbau atau kambing kadang-kadang digunakan di daerah yang tersedia secara lokal. Banyak peminum chai yang menggunakan susu kental manis karena tekstur lembut dan rasa manis tambahan yang didapat.

Gula, baik halus atau rafinasi, merupakan salah satu pilihan pemanis, meskipun beberapa orang lebih memilih madu. Variasi terbesar dalam masala chai adalah dalam pemilihan rempah-rempah. Awalnya, peminum teh menggunakan rempah-rempah asli daerah atau yang mudah didapat. Ini termasuk kayu manis, cengkeh, dan kapulaga hijau. Tergantung pada daerah tersebut, teh bisa mengandung rasa tambahan berupa jahe, pala, atau lada.

Seiring dengan popularitas teh di dunia Barat, penggemar chai menambahkan bahan lain seperti almond dan kunyit sebagai pilihan rempah. Tergantung pada selera masing-masing, seseorang membuat teh dengan hanya beberapa jenis rempah atau kombinasi dari berbagai jenis rempah. Secara tradisional, teh mengandung rempah utuh atau giling kasar, bukannya bubuk rempah. Campuran teh dan rempah-rempah yang bisa dipilih sekarang tersedia dalam teh kantong siap seduh, kelemahan formula tersebut adalah kurangnya pilihan rempah personal.

Preferensi pribadi menentukan proses pembuatan masala chai. Sebagian orang memilih untuk menuangkan semua bahan ke dalam panci sebelum mendidihkannya. Yang lainnya mendidihkan air dan susu sebelum menambahkan teh dan rempah-rempah, yang memungkinkan campuran menjadi tajam saat mendingin. Di India, pedagang kaki lima setempat yang disebut chai wallah menjual masala chai di pasar dan di pinggir jalan. Beberapa penjual ini mengintensifkan rasa dengan melakukan pertunjukan terampil menuangkan teh bolak-balik antara dua wadah yang berjauhan.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...