Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Manfaat dan Efek Samping Kafein Anhidrat



Kafein anhidrat (caffeine anhydrous) adalah bubuk kafein, stimulant sistem saraf pusat (SSP) yang dapat mencegah rasa kantuk dan kelelahan. Bahan ini umumnya digunakan dalam suplemen penurunan berat badan karena bentuk bubuk tidak memakan ruang dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan properti bubuk lainnya. Hampir tidak ada perbedaan antara kafein dalam bentuk bubuk atau cairan, meskipun beberapa perusahaan pangan dapat mengklaim kafein anhidrat bisa diserap lebih cepat oleh tubuh.

Kafein adalah bahan kimia yang secara alami terdapat pada tanaman, terutama pada bibit yang mulai menghasilkan akar atau daun. Zat ini membantu tanaman berkembang dengan cara mencegah serangga memakan daun atau akar tanaman, dengan cara melumpuhkan dan membunuh mereka. Kandungan kafein yang tertinggi terdapat pada biji kopi dan biji kakao. Biji tanaman guarana juga mengandung kafein dalam jumlah besar.

Kafein anhidrat diperoleh dengan memanen biji-bijian yang mengandung kafein, mengekstrak kafein, dan merebusnya pada suhu tinggi hingga kering. Proses ini menghasilkan bubuk putih, kristal, sebagai bentuk anhidrat-nya. Bubuk ini kemudian dikombinasikan dengan properti yang lain, dibentuk menjadi tablet atau dimasukkan ke dalam kapsul dan dijual. Kafein anhidrat dapat ditemukan dalam bentuk bubuk, meskipun lebih sering ditemukan dalam bentuk pil.

Efek kafein anhidrat pada tubuh mirip dengan yang dikonsumsi dalam bentuk cair. Zat ini pertama kali diserap oleh jaringan dalam perut dan usus kecil, dan kemudian didistribusi ke bagian tubuh yang lain. Efek yang paling signifikan adalah kemampuannya untuk merangsang Sistem Saraf Pusat, yang memproses informasi yang dikirim dari daerah tubuh yang lain. Keadaan ini sementara akan mencegah seseorang dari perasaan lelah, dan juga meningkatkan kewaspadaan. Zat ini juga mempercepat denyut jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh, efek yang sering dicari oleh para atlet dan binaragawan.

Perusahaan suplemen makanan dan energi biasanya menggunakan kafein anhidrat karena efek stimulan yang ditimbulkan. Beberapa perusahaan mengklaim zat ini juga dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Namun, pernyataan seperti ini tidak didukung oleh studi klinis.

Kafein anhidrat dapat menyebabkan berbagai efek samping. Studi telah menunjukkan ia dapat menyebabkan penglihatan kabur, pusing, mulut kering, dan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan. Zat ini juga dapat membuat seseorang merasa lebih cemas atau jengkel, karena dampaknya pada sistem saraf pusat. Efeknya juga mengarah pada jantung, dan bahkan penggunaan secara moderat bisa menyebabkan denyut jantung menjadi cepat secara tak lazim.

Mengkonsumsi lebih dari 300 miligram (mg) kafein anhidrat dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang disebut keracunan kafein. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan penalaran seseorang secara drastis, dan menyebabkan kegugupan, pola bicara bertele-tele, otot berkedut, dan agitasi. Overdosis dapat menyebabkan mania, disorientasi, halusinasi, dan, dalam kasus-kasus serius, menyebabkan psikosis.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...