Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Kopi Unggulan Indonesia



Bagi masyarakat Indonesia, meminum kopi adalah tradisi turun temurun sejak dahulu kala. Tak heran bila hampir di setiap daerah terdapat jenis kopi unggulan yang dapat dibanggakan.

Perkebunan kopi juga tersebar di seluruh provinsi di Indonesia seperti Jawa Tengah, Sumatera, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan lain-lain. Luas lahan kopi nasional sekarang diperkirakan mencapai lebih dari 1,3 juta hektar.

Indonesia mempunyai berbagai jenis varietas kopi unggulan yang terkenal dan diminati oleh para penikmat kopi di seluruh dunia. Kopi Indonesia memang memiliki kekhasan yang sangat diperhitungkan dalam industri perkopian Internasional. Beberapa jenis kopi Indonesia yang cukup dikenal dan banyak dicari antara lain:

1. Kopi Gayo
Jenis ini merupakan salah satu turunan (varietas) kopi Arabika. Kopi ini telah dikembangkan di beberapa perkebunan kopi Gayo sejak tahun 1908 dan akhirnya menjadi salah satu komoditas unggulan Dataran Tinggi Gayo.

Tanaman kopi Gayo tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Produksi kopi Arabika yang dihasilkan dari Tanah Gayo merupakan yang terbesar di Asia dan diakui sebagai kopi organik terbaik di dunia.

2. Kopi Sumatera
Kopi yang ditanam di dataran tinggi Sumatera ini memiliki aroma yang tajam, kuat dan sedikit asam. Kopi ini menjadi bahan pokok dalam pembuatan Espresso ataupun Double Espresso yang memiliki aroma hitam yang kuat dan mampu menjadi penghilang rasa kantuk.

3. Kopi Sulawesi
Di luar negeri, kopi ini lebih dikenal sebagai Kopi Kampung. Jenis kopi inilah yang digunakan oleh Starbucks Coffee sebagai bahan baku untuk meracik ragam minuman mereka, mulai dari Latte macchiato, Viennese roast, Hazelnut chereme, dan sebagainya. Bahkan karena tingginya permintaan dari Jepang maka Starbucks pun mematenkan kopi Sulawesi.

4. Kopi Luwak
Kopi luwak merupakan jenis kopi paling unik dan satu-satunya di dunia. Proses pemetikan biji kopi ini sangat berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Proses pemetikannya memang terbilang unik dan aneh. Ketika biji-biji telah matang, para petani melepas luwak (sejenis musang) untuk memakan biji-biji yang berjatuhan karena sengaja dibiarkan untuk dipetik. Setelah itu mereka menunggu luwak-luwak tersebut membuang kotoran. Nah, biji kopi luwak itulah yang diambil untuk diproses lebih lanjut.

Di AS, untuk mencicipi kopi luwak, Anda harus membayar sebesar 50 dollar. Artinya harganya berkisar Rp. 500.000 – Rp. 600.000. Nilai sebesar itu pun hanya untuk secangkir kopi. Tidak heran bila Guness Book of Records mencatat bahwa kopi luwak dari Indonesia adalah kopi termahal di dunia. Harganya lima kali lipat dari kopi termahal sebelumnya, yaitu kopi dengan merk Blue Mountain dari Jamaika.

Negara lain boleh saja mengklaim bahwa kopi luwak juga ada dan dikenal oleh masyarakatnya, antara lain dengan menyodorkan fakta keberadaan kandang-kandang luwak penghasil kopi sejenis. Tapi dunia tahu bahwa tradisi kopi luwak sejati lahir tak cuma berkat kehadiran jenis musang yang oleh orang-orang di Tanah Jawa disebut sebagai “luwak”, tapi juga oleh adanya kebun-kebun kopi di sekitar lokasi tempat hidup luwak tersebut. Artinya, kopi luwak adalah khas dan milik Indonesia.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...