Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Kopi Luwak : Kopi Spesial dan Istimewa



Kopi luwak sudah masuk ke dalam daftar kopi paling dinikmati dan paling dicari. Kopi ini tetap ada yang mencari karena langka dan penuh prestise. Tak heran bila banyak kedai kopi terkenal di kota-kota di dunia yang sekarang menghidangkan kopi luwak.

Kenapa kopi luwak sangat mahal?
Jawabannya: karena kopi asli Indonesia ini mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kopi biasa. Kopi ini beraroma khas, rasanya nikmat, rendah kafein, banyak manfaat, dan lain-lain.

Kenapa bisa sangat istimewa?
Jawabannya: karena kopi terbaik di dunia ini berasal dari buah kopi yang benar-benar segar dan matang serta sudah mengalami proses fermentasi secara alamiah dan maksimal di dalam saluran pencernaan binatang luwak. Wajar jika kopi luwak menjadi kopi termahal di dunia yang disukai pecinta kopi sejati.

Ya, kopi luwak adalah kopi yang tidak dipanen langsung dari pohonnya langsung melainkan dengan fermentasi melalui perut luwak. Saat musim panen tiba, petani kopi membiarkan kopi yang telah matang di pohon jatuh dengan sendirinya. Petani lalu melepas luwak di kebun agar mau memakan biji kopi tersebut. Setelah luwak memakan biji kopi, maka petani hanya perlu menunggu luwak membuang kotorannya. Petani juga bisa melakukan metode lainnya, yaitu dengan memberi biji kopi di kandang luwak yang dipelihara.

Nah, karena harus melewati proses yang rumit pula maka kopi luwak menjadi mahal harganya. Namun keistimewaannya justru membuat kopi ini terkenal di mana-mana. Setelah para penggemar kopi di benua Eropa, Amerika, serta Asia Timur mengetahui keunikan citarasa kopi ini, maka permintaan pun meningkat drastis. Indonesia dan Filipina berlomba-lomba mencari dan menghasilkan kopi luwak. Warga Filipina mencari dan mengumpulkan kotoran luwak di sela-sela pekerjaan mereka sebagai pemetik kopi di perkebunan kopi sedangkan petani di Indonesia menangkap dan memlihara luwak di halaman rumah mereka.

Di AS, sejumlah kafe atau kedai kopi menjual kopi luwak dengan harga 100 dollar per 450 gram atau sekitar Rp 400.000 – 500.000 per cangkir. Tentu saja ini adalah harga yang fantastis untuk sekedar meneguk secangkir kopi, apalagi keaslian kopi yang dijual tersebut masih dipertanyakan.

Di AS, kopi luwak muncul dalam film The Bucket List yang dibintangi actor Hollywood ternama, Jack Nicholson. Dalam salah satu adegan, ia menyeruput secangkir kopi luwak. Lalu presenter top Oprah Winfrey memperkenalkan dan memperagakan cara menyeduh kopi luwak dalam acara talk show yang dipandunya, yaitu The Oprah Winfrey Show. Acara ini ditonton tak kurang dari empat juta orang setiap harinya.

Pada akhir tahun 2010, jaringan TV terkemuka di AS, CNN, menempatkan kopi luwak di situsnya selama beberapa pekan dengan porsi istimewa pada halaman utama Asia, pada segmen iList. Informasi ini dipertahankan hingga ada informasi lainnya yang lebih baru dan lebih istimewa untuk menggeser Indonesia.

Acara ini dibuka dengan adegan film Jack Nicholson meminum kopi sambil memuji kopi luwak. CNN juga menyajikan satu adegan penuh yang menjelaskan asal mula kopi luwak. Setelah itu muncul tayangan bagaimana orang bisa menghabiskan puluhan bahkan ratusan ribu rupiah hanya untuk secangkir kopi luwak. Untuk tayangan ini CNN sengaja menerjunkan tim untuk membuat liputan menarik tentang kopi yang diproses oleh perut hewan luwak tersebut.

Kafe-kafe kopi eksklusif di Jepang dan berbagai wilayah Asia menjual secangkir kopi luwak seharga lebih dari 50 dollar per cangkir. Di Jepang dan Korea Selatan serta sejumlah negara lain, harga eceran untuk kopi luwak sangrai adalah 200 dollar per Kg atau bahkan lebih. Di Hongkong, secangkir kopi luwak dapat dibeli dengan harga Rp 300.000-Rp 400.000.

Tidak hanya itu, kopi luwak juga menjadi sorotan masyarakat dunia pada World Expo 2010 Shanghai, China. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menjadikan kopi luwak sebagai daya tarik pavilion Indonesia dalam acara yang berlangsung pada Oktober 2010 itu. Saat memberi sambutan dalam Forum Bisnis Indonesia-RRC di Hotel Shangri-La Pudong, Shanghai, Presiden Yudhoyono mengajak hadirin untuk mengunjungi pavilion Indonesia untuk menikmati kopi luwak.

Di Singapura, harga secangkir kopi luwak mencapai Rp 480.000. Sedangkan di Kota Medan, kopi luwak dapat dibeli dalam kemasan empat ons dengan harga Rp 1,5 juta.

Di Inggris, kopi luwak dijual dengan harga 50 poundsterling atau hampir Rp 1 juta per cangkir. Sedangkan di Australia, satu gelas kopi luwak berharga 50 dollar Australia. Di Negeri Kanguru pula pada awal Maret 2010 Presiden Yudhoyono menghadiahkan kopi luwak dalam sebuah sesi acara kepada Perdana Mentri Kevin Rudd. Hadiah spesial itu lantas menjadi perhatian pers Australia karena dinilai tidak melalui pemeriksaan karantina terlebih dahulu. Tapi, memang tak ada yang perlu dicurigai dari sebungkus kopi luwak, selain sebagai sasuatu yang eksklusif, khas Indonesia. Pers lantas menjuluki peristiwa tersebut sebagai dung diplomacy (diplomasi tahi).

Kopi luwak memang memiliki citarasa yang tinggi serta aroma yang berkelas dibanding kopi-kopi lainnya. Kopi luwak juga menjadi kebanggaan Indonesia karena telah diterima di mancanegara. Terkenalnya kopi luwak ini juga bukan sekedar memenuhi permintaan para penikmat kopi dunia namun turut membawa nama Indonesia. Terbukti bahwa Nusantara adalah negeri yang kaya potensi serta keunikan melalui kopi luwak. Karena keunikannya pula maka kopi ini menjadi salah satu primadona bagi para pencinta kopi di dunia.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...