Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Keunggulan Kopi Luwak



Tim Castle, ahli kopi dan pengarang buku The Perfect Cup, mengatakan, “Kopi luwak adalah kopi yang dapat dibedakan dengan Robusta lainnya, terutama jika dibandingkan secara langsung, cangkir demi cangkir (sebagaimana biasanya kopi dijual). Pemrosesan kopi luwak yang tidak biasa pun tampak sangat menarik. Dari segi rasa, inilah kopi yang menarik hati.”

Pernyataan itu adalah bukti keunggulan kopi luwak. Dengan bukti itu pula maka Indonesia menjadi Negara yang patut bangga karena kekhasan kopi luwak. Dan rupanya masyarakat menyadarinya. Pengembangan kopi luwak di Nusantara terus dilakukan melalui berbagai perkebunan kopi.

Kopi luwak asli yang dihasilkan hingga saat ini masih lebih banyak merupakan kopi yang dihasilkan dari alam. Artinya, jumlahnya sangat bergantung pada musim buah kopi, luas wilayah perkebunan, dan populasi binatang luwak. Dengan kata lain produksi kopi luwak sangat bergantung pada alam sehingga sulit untuk memprediksikan jumlah produksinya.

Namun kini produksi kopi luwak di Indonesia dikembangkan di sejumlah daerah, terutama di daerah-daerah pegunungan yang mempunyai kebun kopi. Di Lampung Barat, daerah yang sangat subur dan sebagian besar adalah pegunungan dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, banyak warga yang menanam kopi lalu memproduksi kopi luwak.

Kesadaran tentang pentingnya budidaya kopi luwak juga muncul karena kopi ini memiliki berbagai kelebihan, terutama karena kopi ini diolah secara alami di dalam perut luwak. Dalam hal ini pestisida yang terdapat pada biji kopi dibersihkan secara alami di dalam perut luwak sehingga kopi yang terbawa keluar bersama feses luwak telah bebas dari kandungan pestisida yang berbahaya.

Biji kopi yang dipilih oleh luwak pun adalah biji kopi terbaik. Naluri hewan luwak pasti akan memilih biji kopi yang terbaik atau paling matang. Ini membuat keuntungan karena pada kopi biasa kemungkinan ada pencampuran antara biji kopi yang mentah dan matang yang bisa mengurangi kualitas kopi. Bahkan proses fermentasi yang alami pada pencernaan luwak juga memberikan perubahan komposisi kimia pada biji kopi. Nah, enzim yang dengan fermentasi itu mampu mengurangi kadar keasaman bji-biji kopi. Proses fermentasi itu ikut menurunkan kadar kafein secara tajam pada kopi. Oleh karena itu tubuh Anda tidak akan rusak walaupun Anda banyak meminum kopi luwak.

Pencernaan luwak telah secara otomatis menurunkan kadar protein sehingga menghasilkan rasa kopi yang unik dan kaya. Itulah sebabnya kopi luwak memiliki karakteristik yang lembut, bahkan terkadang terasa seperti cokelat atau caramel. Wajar kiranya ketika kopi luwak dianggap sebagai salah satu kopi terbaik di dunia.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...