Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Jumlah Konsumsi Kafein yang Direkomendasikan



Kafein merupakan stimulan alami yang dapat ditemukan dalam banyak makanan dan minuman, dari kopi hingga teh, cokelat, dan soda. Penelitian di masa lalu terfokus pada dampak negatif dari jumlah kafein yang dikonsumsi seseorang, tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa ada manfaat kesehatan kafein yang positif. Meskipun terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa berbahaya, dokter dan ahli gizi setuju bahwa orang dewasa yang sehat rata-rata boleh mengkonsumsi 300 hingga 400 miligram (mg) kafein setiap hari, atau setara dengan jumlah kafein dalam dua sampai tiga cangkir kopi.

Kadar kafein bervariasi antar produk dan bahkan dalam satu produk. Sebagai contoh, secangkir kopi 8 ons dapat mengandung dari 60 sampai 120 mg kafein, tergantung pada jenis biji dan bagaimana mereka diseduh. Secangkir teh 8 ons (sekitar 236 ml) biasanya mengandung 20 sampai 90 mg kafein, sedangkan soda 8 ons mengandung sekitar 20 sampai 40mg kafein. Tapi ingat, kebanyakan minuman yang dijual dewasa ini berukuran besar, kopi ukuran besar di sebuah kedai kopi biasanya berukuran 16 ons (sekitar 473 ml) dari hampir mencapai batas asupan per hari yang disarankan.

Efek kafein sangat bervariasi tergantung pada individu masiang-masing. Jumlah kafein yang sesuai didasarkan pada pengaruhnya bagi setiap orang. Untuk sebagian orang, minum kafein membuat mereka menjadi lebih waspada, sedangkan untuk yang lain itu menyebabkan insomnia atau kecemasan.

Baru-baru ini ada banyak penelitian mengenai manfaat kesehatan positif dari kopi. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat membantu melindungi dari penyakit parkinson, batu empedu, dan masalah kardiovaskular. Kafein juga diketahui dapat meningkatkan mood, kinerja fisik dan mental, serta kewaspadaan. Kafein dapat membantu meringankan sakit kepala dan merupakan salah satu bahan utama dalam obat migrain.

Wanita hamil biasanya dapat mengkonsumsi sampai 300 mg kafein per hari. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan, kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan keguguran dan komplikasi kelahiran lainnya. Dengan demikian, banyak wanita memilih untuk tidak mengkonsumsi kafein sama sekali selama kehamilan.

Penting untuk dicatat bahwa kafein juga memiliki beberapa risiko kesehatan. Ada beberapa indikasi, misalnya, bahwa konsumsi kafein yang moderat dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Ada juga risiko kesehatan lebih parah terkait dengan konsumsi lebih dari 1.000 mg per hari, termasuk mulas, iritasi usus, kurang tidur, dan kecemasan. Efek samping juga dapat terjadi ketika konsumsi melewati batas yang direkomendasikan, 400 mg per hari, jika timbul gejala seperti mudah marah, lemas atau insomnia, kemungkinan ini merupakan tanda terlalu banyakmengkonsumsi  kafein.

Jika kopi atau minuman berkafein lainnya dikonsumsi sehari-hari, kecanduan kafein juga dapat terjadi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecanduan lebih kecil dibandingkan kecanduan obat dan tembakau. Gejala-gejala penghentian kafein dapat bervariasi dan ini termasuk sakit kepala, mual, mengantuk, dan lekas marah. Gejala-gejala dapat berlangsung dari satu hari hingga satu minggu sampai mereda setelah berhenti mengkonsumsi.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...