Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Jenis-jenis Filter Kopi



Filter kopi dirancang untuk menahan bubuk kopi ketika sedang menuangkan air panas ke dalam teko kopi, sehingga ampas terpisah dari minuman jadi. Filter kopi memiliki berbagai jenis. Mereka berkisar dari yang murah dan sekali pakai hingga yang permanen dan mahal.

Filter kertas adalah jenis filter kopi yang paling banyak digunakan dan mereka memiliki beberapa keunggulan. Filter kertas mudah ditemukan di toko-toko, mudah digunakan dan umumnya murah. Filter kertas bekerja cukup baik dalam menyaring ampas kopi, dan dapat menangani kopi yang digiling halus atau kasar. Filter kertas juga sekali pakai, sehingga seseorang dapat membuangnya daripada harus membersihkannya.

Banyak orang percaya bahwa kertas benar-benar menyerap sebagian besar minyak alami kopi, yang mengurangi rasa dan kekuatan kopi. Studi terbaru juga menunjukkan bahwa filter kertas putih biasanya diproses dengan pemutih klorin, yang dapat menyebabkan eksposur dioksin yang tidak sehat. Filter yang tidak diproses dengan pemutih mungkin menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang ingin menggunakan filter kertas.

Mungkin pilihan yang lebih sehat bagi pecinta kopi adalah filter kain. Filter kopi ini terbuat dari katun alami, rami atau muslin. Filter ini bertahan selama tiga sampai enam bulan dengan perawatan yang tepat. Minyak alami kopi bisa merembes melalui kain, sehingga hasilnya lebih kaya, rasa kopi yang lebih kuat. Pori-pori di filter kain lebih besar dibandingkan filter kertas, yang berarti ampas yang lebih halus mungkin lolos ke teko kopi. Kerugian lain adalah filter ini bisa sulit dibersihkan karena ampas kopi cenderung menempel pada kain.

Filter kopi gold juga semakin populer. Beberapa filter kopi terbuat dari emas 23 karat dan merupakan jenis filter kopi yang paling mahal. Filter berlapis emas lebih murah, karena mereka terbuat dari stainless steal dan di-treatment dengan emas sepuhan. Keduanya, filter emas dan filter berlapis emas dapat bertahan selama beberapa tahun. Keuntungan lain adalah tidak ada interaksi kimia antara emas dan air panas. Ini berarti filter gold tidak menambahkan rasa logam pada kopi yang diseduh. Penyuka filter gold berkoar bahwa filter gold adalah filter kopi yang terbaik untuk mempertahankan minyak alami kopi, memberikan minuman yang lebih intens, rasa yang lebih kaya.

Filter kopi gold juga cukup mudah dibersihkan. Ampas dibuang ke tong sampah dan filter hanya dibilas di bawah air mengalir. Filter kopi ini juga dapat dibersihkan menggunakan mesin cuci piring untuk pembersihan lebih menyeluruh. Salah satu kelemahan dari filter gold adalah mereka merupakan yang filter kopi yang paling mahal. Tetapi karena mereka bisa bertahan selama bertahun-tahun, mereka benar-benar akan menghemat uang dari waktu ke waktu.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...