Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Jenis dan Habitat Luwak



Binatang luwak (Paradoxurus hermaphrodirus) sangat menyukai bau harum kopi dan memilih buah kopi yang paling bagus sehingga buah kopi yang kurang matang dan kotor tidak akan ia makan. Sebagian masyarakat percaya bahwa daging luwak dapat mengobati penyakit asma. Namun kini populasi luwak semakin sedikit disebabkan maraknya perburuan.

Ada dua jenis luwak unggulan yang bisa ditangkar untuk produksi luwak, yaitu:
  • Luwak bulan. Luwak ini berbulu hitam di pipi dan ujung buntutnya berbulu putih (genetis harimau).
  • Luwak Binturung. Luwak ini berbulu hitam polos tanpa ada bulu putih di muka atau pipinya dan tanpa ada bulu putih di ujung buntutnya. Kepalanya kecil, tidak sebanding dengan tubuhnya yang mencapai 30 Kg. Adapun bulu putihnya menyerupai uban pada manusia (genetis beruang).

Habitat Luwak
Ada banyak jenis musang yang menyebar luas mulai dari India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, Burma, hingga China. Di kawasan Asia Tenggara, berbagai jenis musang juga merambah Semenajung Malaya hingga Filipina. Sementara di Indonesia, keluarga musang didapati di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi bagian Selatan, serta Taliabu dan Seram di Maluku. Tetapi literatur fauna dunia menyebutkan bahwa jenis musang yang dikenal sebagai luwak (Paradoxurus hermaphrodites) utamanya tersebar hanya di Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi. 

Luwak termasuk dalam family Viverridae (Crivets Family) yang terdiri dari beberapa genus, antara lain Viverra, Prionodon, Paradoxurus, dan Arctictis. Hampir semua jenis luwak, terutama dari genus Paradoxurus dan Arctictis, mampu memproduksi kopi luwak. Beberapa spesies luwak terdapat di Asia Tenggara, tetapi yang menghasilkan kopi terbaik adalah luwak asal Indonesia (Paradoxurus hermaphrodirus) yang habitat utamanya berada du hutan-hutan Sumatera dan Jawa.

Luwak penghasil kopi di Indonesia terdapat di sepanjang Bukit Barisan di Sumatera, dari Aceh sampai Lampung melewati Danau Toba, Padang, Jambi dan Bengkulu. Luwak juga terdapat di Pulau Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Bahkan mungkin terdapat pula di Timur Leste dan Papua.

Secara tradisional petani kopi memang memungut kotoran luwak di sepanjang Bukit Barisan dan Padang sampai Lampung, dan dari pegunungan Gayo Aceh sampai dengan Bukit Tinggi, serta di lereng Gunung Ijen di Jawa Timur. Di lokasi-lokasi itulah terdapat perkebunan kopi yang menjadi habitat luwak.

Sayangnya, produksi kopi luwak dari tahun ke tahun semakin merosot seiring dengan merosotnya populasi luwak. Luwak dianggap sebagai hama atau binantang perusak karena luwak menyukai buah kopi dan buah-buahan lain seperti pisang, cokelat, pepaya, dan buah-buahan segar lainnya. Perilaku inilah yang menjadikan luwak sebagai buruan para petani.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...