Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Inovasi Pemanfaatan Ampas Kopi untuk Kayu Bakar : Java Log®



Java Log® adalah kayu bakar ramah lingkungan yang terbuat dari bubuk kopi daur ulang. Memberikan api yang lebih baik dan waktu menyala lebih cepat dibandingkan kayu bakar tradisional, Java Log ® adalah produk favorit bagi banyak konsumen sadar lingkungan. Java Log® dimiliki oleh Jarden Corporation dan diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 2002.

Rob Sprules menemukan Java Log® di apartemennya di Paris. Pada suatu hari, saat membaca sebuah buku, Sprules menemukan bahwa bubuk kopi terbakar lebih baik dibandingkan kayu. Dengan pengetahuan ini, ia mulai bereksperimen untuk membuat kayu log ampas kopi. Kayu log pertamanya adalah sebuah tabung cerutu diisi dengan lilin dan ampas kopi.

Kayu log prototipe diciptakan, dan Sprules memberikannya kepada teman-temannya untuk dicoba. Mereka memberikan tanggapan positif tentang kayu log tersebut. Dia kemudian mendapatkan ide bagus untuk menggunakan  ampas kopi dari pabrik, gedung perkantoran, dan sumber lainnya. Satu TPA diperkirakan menerima lebih dari tiga juta pon ampas kopi per tahun. Java Log® membantu dengan memanfaatkan kembali ampas kopi tersebut.

Java Log® terdiri dari 100 persen bubuk kopi daur ulang dicampur dengan lilin non-minyak terbarukan dan molase. Kombinasi ini menghasilkan energi 25 persen lebih banyak, karbon monoksida 78 persen lebih sedikit, dan creosote 66 persen lebih sedikit. Selain itu, Java Log® memancarkan bau agak manis,  terbakar sampai tiga jam, dan memanfaatkan 12 juta pon ampas kopi dari tempat pembuangan sampah setiap tahun.

Produk ini diproduksi di sebuah pabrik di Ottawa, Kanada. Ampas kopi yang digunakan diperoleh dari pabrik kopi instan setempat. Ampas dikeringkan, dicampur, dibentuk menjadi log, dipotong, dikemas dalam kertas daur ulang, dan dikirim ke ritel outlet. Toko dan pengecer besar menyediakan log ini, di samping beberapa pengecer online.

Pada tahun 2003, Time Magazine menganugrahi Java Log® sebagai salah satu penemuan paling mengesankan di tahun 2003. Time membandingkannya dengan Duraflame™, dan mengemukakan bahwa Java Log® memiliki kinerja yang lebih baik. Produk ini juga ditampilkan di acara The Ellen DeGeneres.

Chimney Safety Institute of America (CSIA) telah memberikan Java Log ® stasus CSIA  Accepted Product. Dua faktor penentu untuk mendapatkan status ini adalah fakta bahwa produk tersebut dibuat dari bahan daur ulang dan tingkat pelepasan partikulat yang rendah selama pembakaran. Partikel adalah bit kecil padat atau cairan yang tersuspensi di dalam gas atau cairan. Kontak dengan pertikulat yang terlalu lama dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti asma atau kanker paru-paru. Ini juga berarti lebih sedikit polusi yang dilepaskan ke udara dibandingkan log kayu bakar tradisional.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...