Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Indeks Glikemik : Cara Mengatur Tingkat Gula Darah Tubuh



Indeks glikemik menunjukkan bagaimana berbagai makanan mempengaruhi tingkat glukosa dalam tubuh, sebagian besar didasarkan pada studi yang dilakukan oleh University of Sydney di Australia. Makanan yang diserap dengan cepat cenderung menyebabkan lonjakan glukosa darah dan memiliki indeks glikemik tinggi. Sebaliknya, makanan yang diserap perlahan cenderung untuk menjaga glukosa tetap stabil dan memiliki indeks  glikemik rendah. Makan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah akan membantu mengontrol penyakit seperti penyakit diabetes dan jantung.

Indek glikemik membantu seseorang memahami bahwa tubuh tidak menangani semua karbohidrat dengan cara yang sama. Beberapa karbohidrat diserap dengan cepat sementara yang lain diserap lebih lambat. Lonjakan gula darah yang disebabkan oleh makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan meningkatnya keinginan untuk makan. Hal ini bisa menjadi bencana bagi orang yang perlu mengontrol gula darahnya. Makan makanan dengan indeks glikemik rendah cenderung membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu seseorang mengendalikan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Ada sekitar 750 jenis makanan yang telah diuji oleh University of Sydney untuk menyusun list indeks glikemik makanan. Indeks ini dihitung dengan memberikan makanan tertentu pad sejumlah subjek tes setelah mereka puasa pada malam sebelumnya. Tingkat gula subjek kemudian diuji setiap 15-30 menit. Temuan ini digunakan untuk memetakan kurva bagaimana makanan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh subjek tes. Para ilmuwan kemudian dapat menggunakan informasi tersebut untuk menentukan indeks makanan tertentu.

Informasi yang ditemukan pada daftar indeks glikemik makanan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Tentu saja, ini akan sangat membantu bagi penderita diabetes yang perlu mengontrol gula darah mereka, tetapi juga dapat bermanfaat bagi seorang atlet atau orang yang mencoba untuk menurunkan berat badannya. Dengan makan makanan rendah glikemik, seseorang dapat merasa kenyang lebih lama dan dapat menghindari masalah yang datang ketika gula darah berfluktuasi. Makanan dengan indeks glikemik rendah juga dapat membantu seseorang mengontrol kolesterol dan trigliserida mereka, sedangkan makanan dengan indeks tinggi dapat membantu seseorang mengembalikan kadar karbohidrat tubuhnya setelah olahraga. Menstabilkan gula darah melalui makan makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu seseorang tetap sehat.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...