Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Hubungan Antara Kafein dengan Kecemasan



Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat. Meminum kopi, soda, atau teh yang berkafein akan merangsang sistem saraf, dan tubuh memproduksi serta melepaskan adrenalin sebagai respon. Pada gilirannya, ini bisa membuat pengguna merasa cemas atau gelisah dan mempercepat detak jantung hingga kafein dirilis. Ada banyak efek samping kafein lainnya, tapi kecemasan adalah salah satu yang sangat umum. Hubungan antara kafein dan kecemasan juga merupakan salah satu aspek obat yang paling banyak dieksplorasi.

Sebagai stimulan sistem saraf pusat, kafein adalah obat psikoaktif, yang berarti ia mampu mempengaruhi otak pengguna. Di banyak negara, sebagian besar obat yang mampu melakukan hal ini merupakan obat ilegal atau hanya dapat dikonsumsikan secara legal bila diresepkan oleh dokter. Karena kemampuan ini, efek seperti kecemasan dan kewaspadaan akan terjadi setelah dikonsumsi.

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan gangguan kecemasan. Bahkan, gangguan tersebut mungkin cukup berat sehingga memerlukan perhatian medis. Jenis kecemasan dapat berupa kecemasan umum, yang membuat orang khawatir, atau serangan panik yang mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang. Kecemasan akibat kafein juga dapat hadir dengan cara lain. Sebagai contoh, pengguna kafein mungkin mengembangkan kecenderungan obsesif-kompulsif atau gejala skizofrenia.

Meskipun kafein dan kecemasan secara ilmiah saling terkait, kafein diyakini jarang menyebabkan kecemasan yang parah. Seseorang dapat diberikan resep untuk mengobati kecemasan dengan hanya menghilangkan atau mengurangi asupan kafein mereka.

Kafein dan kecemasan masih diteliti oleh para ilmuwan secara aktif. Umumnya dipercaya bahwa hanya dosis sangat besar yang akan menyebabkan serangan kecemasan yang sangat parah, meskipun beberapa orang mungkin mengalami kecemasan ringan hanya dengan minum kopi pagi mereka. Namun, konsumsi kafein tidak selalu merupakan hal yang buruk. Sebagai contoh, studi menunjukkan bahwa kafein dosis rendah dalam minuman tertentu dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Kesimpulannya, kafein dan kecemasan sering berhubungan langsung antara satu sama lain. Jika mengalami kecemasan, penting bagi pengguna untuk menilai kembali konsumsi makanan dan minuman sehari-hari yang mengandung stimulan. Masalah yang terjadi dapat diselesaikan hanya dengan menghentikan atau mengurangi asupan kafein. Seperti halnya pada banyak zat stimulan, pengguna dapat mengalami gejala ringan saat mengubah dosis secara drastis, seperti sakit kepala dan mudah marah, hal ini dapat berlangsung sampai satu minggu.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...