Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Hubungan Antara Kafein dan Memori



Ada beberapa teori yang menyatakan hubungan antara kafein dan memori. Telah terbukti bahwa kafein berefek pada memori jangka pendek, karena menghasilkan peningkatan konsentrasi yang sementara. Studi awal pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi kafein secara rutin juga dapat memberikan efek jangka panjang pada memori seseorang dengan penyakit Alzheimer.

Kafein memberikan efek langsung pada fungsi otak. Zat ini merangsang area otak yang mencakup perhatian dan memori jangka pendek. Kafein menyebabkan pembuluh darah di otak mengerut dan meningkatkan metabolisme. Kafein mengirimkan energi ke otak, meskipun juga menurunkan jumlah oksigen yang menuju jantung. Kemudian ia meningkatkan aktivitas otak pada lobus frontal, lokasi memori, dan cingulum anterior yang bertanggung jawab terhadap perhatian.

Hubungan yang paling dikenal antara kafein dan memori adalah dorongan sementara pada memori jangka pendek. Neuron di otak bekerja lebih cepat bila dipengaruhi oleh kafein, hal ini menyebabkan reaksi berantai yang menyebabkan kewaspadaan mental. Sebuah dorongan dari stimulus kafein memungkinkan konsentrasi yang lebih baik dan sebagai akibatnya, mampu mengingat informasi dengan lebih baik pula.

Hubungan menguntungkan antara kafein dan memori berlangsung sekitar tiga sampai lima jam. Efek dari sejumlah besar informasi yang disimpan selama periode itu dapat memiliki efek jangka panjang. Selain mempertajam indra, kafein juga membantu seseorang untuk mencapai skor tes yang lebih tinggi dan membuat keputusan yang lebih baik dalam situasi stres karena tekanan yang lebih baik pada rincian penting.

Kafein juga meningkatkan dopamin, zat kimia yang terhubung dengan perasaan bahagia. Kondisi pikiran positif mengurangi stres dan memungkinkan tubuh menjadi rileks, sehingga meningkatkan fungsi keseluruhan organ, demikian pula dengan otak. Efek ini paling bermanfaat pada pengguna kafein dalam tingkat yang ringan.

Beberapa penelitian pada hewan tentang hubungan antara kafein dan memori untuk kepentingan pasien Alzheimer telah dilakukan. Studi ini menunjukkan bahwa asupan rutin kafein selama periode yang panjang bisa membantu mencegah degenerasi saraf. Mereka menyatakan kafein dapat memiliki efek pencegahan pada kerusakan memori.

Manfaat terhadap memori yang ditemukan dalam studi ini berkaitan dengan penggunaan rutin kafein pada tingkat moderat, yang setara dengan empat porsi sehari bagi manusia. Konsumsi kafein diketahui dapat melindungi dari efek penebalan-neuron dan timbulnya parkinson dan alzheimer pada hewan laboratorium.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...