Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Elemen Pemanas pada Teko Listrik



Elemen pemanas adalah bagian dari teko listrik yang mengubah arus listrik menjadi panas, sehingga memanaskan air dalam teko. Bagian ini umumnya terletak di bawah teko. Beberapa teko menggunakan elemen-elemen yang menyerupai tabung dan berada tepat di bagian bawah teko. Desain lain menggunakan elemen pelat datar yang memanaskan bagian bawah teko. Kedua jenis elemen suatu saat akhirnya akan gagal berfungsi dan memerlukan pembersihan dan perawatan sederhana secara berkala.

Listrik digunakan untuk menghasilkan panas dengan melewatkan arus listrik melalui sebuah resistor. Resistor memungkinkan arus listrik lewat, tapi seperti namanya, menghambat kelancaran arus listrik tersebut. Ketika arus listrik dipaksa untuk mengatasi hambatan, sejumlah energi dari arus listrik dilepaskan dalam bentuk panas. Pada teko listrik, arus dilewatkan melalui elemen teko, yang pada dasarnya adalah sebuah resistor besar, dan proses ini menghasilkan panas yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu air.

Hasil terbaik diperoleh bila elemen pemanas terletak di bagian bawah teko listrik. Air, ketika dipanaskan, akan naik. Elemen pemanas yang terletak di bagian bawah teko akan memanaskan air saat terjadi kontak. Air ini kemudian akan naik dan terjadilah proses konveksi, yang membuat air dingin turun untuk dipanaskan.

Elemen pemanas terdiri dari dua jenis dasar, tabung dan pelat. Elemen tabung langsung kontak dengan air di dalam ketel, meskipun mereka disegel sehingga arus listrik tidak akan mengalir melalui air dalam teko. Elemen datar umumnya terdiri dari resistor pelat melingkar yang terletak pada bagian bawah teko. Elemen memanaskan pelat, yang kemudian mentransfer panas ke air dalam teko.

Resistor sangat tahan lama dan jarang gagal berfungsi. Namun, resistor di teko listrik dapat gagal berfungsi setelah pemakaian panjang atau sebagai akibat dari kerusakan pada unit. Salah satu penyebab paling umum dari kegagalan elemen teko adalah karena kerusakan, yang merusak resistor atau merusak sambungan pada kedua ujung resistor, yang benar-benar mencegah arus listrik mengalir melalui elemen.

Elemen pemanas dalam teko listrik biasanya membutuhkan sedikit pembersihan dan pemeliharaan rutin. Deposit mineral sering terbentuk pada elemen pemanas. Ini tidak sedap dipandang dan juga menghambat kelancaran fungsi elemen, karena deposit mineral menghambat perpindahan panas. Deposito sering terjadi ketika air yang digunakan dalam teko sangat keras (air sadah, kaya mineral). Pembersih lembut dengan kain dan cuka putih dapat membuang sebagian deposit mineral.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...