Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Efek Kafein pada Metabolisme Tubuh



Salah satu efek kafein adalah kemampuan zat ini untuk mempercepat metabolism tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa kafein dapat menyebabkan peningkatan 10 persen pada metabolisme rata-rata seseorang, meskipun mungkin bekerja lebih cepat pada perempuan dibandingkan laki-laki. Banyak orang yang mencoba menggunakan kafein untuk menurunkan berat badan karena adanya efek ini pada metabolism tubuh, tapi biasanya tidak berhasil dengan penggunaan kafein saja. Kafein dapat meningkatkan metabolism tubuh dan membuat seseorang merasa lebih energik secara keseluruhan, tetapi ada beberapa efek samping tambahan yang mungkin dianggap tidak diinginkan.

Manfaat lain dari kafein pada tingkat metabolism tubuh adalah peningkatan energi yang bisa memungkinkan seseorang bekerja lebih lama daripada biasanya. Berolahraga dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan bila dilakukan tanpa kafein, tetapi dalam banyak kasus seseorang mungkin tidak memiliki energi atau keinginan untuk memulainya. Kafein kadang-kadang bisa membuat seseorang ingin berolahraga, karena seseorang bisa sulit untuk duduk diam untuk waktu yang lama dengan kafein dalam sistem tubuh. Atlet sering minum cairan yang mengandung kafein sebelum pertandingan atau sesi pelatihan dalam upaya untuk meningkatkan tingkat ketahanan mereka.

Pengaruh kafein pada metabolism tubuh mungkin dinegasikan oleh beberapa efek samping yang tidak menyenangkan. Seseorang yang minum lebih dari enam cangkir kopi atau minuman lain yang mengandung kafein sepanjang hari mungkin akan mulai merasa gelisah, gugup, dan mudah tersinggung. Ia juga bisa tidak dapat tidur di malam hari, yang kemungkinan akan mengurangi tingkat energi keesokan harinya. Setelah seseorang telah mengkonsumsi lebih dari 10 gram kafein dalam waktu satu hari, dia mungkin mulai mengalami efek samping yang serius, seperti lonjakan denyut jantung dan tekanan darah yang drastis.

Jika seseorang benar-benar ingin mengambil manfaat dari efek kafein terhadap metabolism tubuh, dia bisa melakukannya dengan cara yang aman. Ketika kafein digunakan untuk tujuan penurunan berat badan, mungkin lebih baik untuk mengkonsumsinya sebelum kerja. Jika kafein akan dikonsumsi dalam bentuk kopi, merupakan ide baik untuk tidak mempermanis dengan terlalu banyak gula atau susu, karena bisa melawan efek penurunan berat badan. Mungkin akan lebih baik untuk menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula jika seseorang menginginkan rasa manis pada secangkir kopi.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...