Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Efek Kafein pada Anak-anak



Minuman yang mengandung kafein
Kafein adalah zat kuat yang tidak esensial dalam menu makanan, tetapi sering ditemukan dalam jumlah besar pada makanan/minuman anak-anak dan remaja. Efek kafein pada anak-anak dapat berkisar dari ketidakstabilan mood hingga gula darah yang tidak terkontrol. Hiperaktif dan kebingungan juga merupakan efek samping yang mungkin timbul. Mengurangi jumlah asupan kafein secara perlahan-lahan dapat membalikkan kondisi ini dan membantu memulihkan keseimbangan pada kesehatan anak-anak.

Salah satu efek kafein pada anak-anak adalah hiperaktif. Kafein merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan energi. Ketika anak-anak mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar, hal ini dapat mengakibatkan over-stimulasi sistem saraf, yang menyebabkan perasaan kegirangan. Karena ukuran tubuh anak yang masih kecil, terlalu banyak kafein dapat memperburuk sistem saraf pusat dan menyebabkan gemetar atau meningkatkan kerja saraf. Konsumsi kafein berlebihan dan kronis pada anak-anak juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Setelah kafein dirilis oleh tubuh dan tidak lagi bekerja pada sistem saraf, tubuh masuk ke dalam keadaan lesu. Seorang anak mungkin mengalami kelelahan, rendah tingkat energi dan penurunan suasana hati setelah kafein hilang dari tubuh. Biasanya perasaan lesu lebih tinggi dari sebelum mengkonsumsi kafein. Keadaan ini juga dapat menyebabkan gangguan mood dan depresi. Menurunkan tingkat kafein dengan membatasi asupan soda dan minuman energi secara perlahan akan membantu membalikkan kondisi ini.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa efek lain dari kafein pada anak-anak adalah ketidakstabilan pada gula darah. Diabetes dan sindrom metabolik adalah gejala gula darah yang tidak terkontrol, dan over-konsumsi kafein oleh anak-anak dapat menyebabkan penyakit ini di kemudian hari. Sumber kafein tinggi dari kopi atau minuman energi menjadi perhatian utama pada meningkatnya ketidakstabilan gula darah.

Teh hitam dan teh hijau memiliki tingkat kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi atau minuman energi. Minuman ini dapat digunakan untuk menyapih anak dari kafein tingkat tinggi, kecuali dokter menganjurkan pantangan total.

 Kafein pada anak-anak bisa menaikkan tingkat energi, tetapi ada alternatif yang akan memberikan peningkatan jumlah energi dengan jalan yang sehat. Dua alternatif tersebut adalah menu makan yang tepat dan olahraga. Ini tidak hanya akan meningkatkan energi sehari-hari, tetapi akan memberikan manfaat kesehatan yang lainnya juga.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...