Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Coffee Bean Cake : Kue Rasa Kopi



Coffee bean cake adalah kue yang dibuat dengam menambahkan kopi ke dalam adonannya. Kue jenis ini meliputi rasa kopi yang kuat sebagai bagian dari profil rasa. Peminum kopi reguler kemungkinan besar akan langsung mengenali rasa kopi di kue ini. Kue ini merupakan jenis makanan penutup yang menyenangkan bagi mereka yang menikmati rasa kopi, atau mereka yang menyukai tambahan rasa yang kuat dan kafein pada makanan manis.

Sangat penting untuk membedakan coffee bean cake dari jenis makanan penutup yang dalam beberapa budaya disebut  “coffee cake”.  Coffee cake adalah kue yang dibuat untuk disajikan bersama dengan kopi. Ini adalah jenis kue sederhana untuk sarapan, dengan unsur-unsur rasa seperti kayu manis atau juga frosting. Sebaliknya, coffee bean cake adalah kue yang benar-benar menggunakan kopi instan atau kopi bubuk yang memberikan makanan penutup rasa pahit khas kopi.

Banyak coffee bean cake yang dibuat dengan menggunakan kopi bubuk instan. Bubuk ini dimasukkan ke dalam adonan, bersama dengan bahan kue yang umum seperti telur, gula, tepung , dan mentega. Untuk beberapa jenis coffee bean cake yang lebih istimewa, si juru masak biasanya menggiling kopi bubuk dari biji kopi roasting, yang, menurut para ahli, cenderung menghasilkan kue yang lebih kaya rasa dengan aroma lebih otentik. Bahan perasa lain seperti ekstrak vanili dapat digunakan pula.

Untuk membuat hidangan penutup seperti ini, seorang juru masak biasanya akan menambahkan semua bahan kue tradisional bersama dengan kopi bubuk dalam mangkuk. Sebagai alternatif, perasa kopi cair dapat digunakan, tetapi sering kali, kopi bubuk digunakan sebagai bahan untuk memperkaya tekstur kue. Salah satu tantangan adalah menambahkan mentega, yang perlu dipanaskan dengan hati-hati untuk mendapatkan tekstur yang tepat saat dicampur dengan bahan lain.

Berbagai jenis coffee bean cake mungkin ditambah komponen cokelat atau kakao untuk melengkapi rasa kopi. Coffee bean cake populer lainnya adalah mocha cake dan cappuccino cake, dinamai dari jenis minuman kopi yang berbeda . Penganan ini juga menggunakan presentasi dan teknik penyiapan yang berbeda.

Selain bahan-bahan kue umum yang digunakan pada coffee bean cake, resep khusus akan mencakup item tambahan. Beberapa resep akan menggunakan krim keju atau bahan-bahan lainnya untuk meningkatkan tekstur kue. Bahan lain bisa berupa ornamen. Yang umum adalah krim yang dilapisi di atas kue. Si pembuat juga dapat menggunakan permen kopi atau topping lain seperti serutan coklat . Ia juga dapat memutuskan antara menggunakan kopi berkafein atau kopi tanpa kafein dalam resep yang dibuatnya.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...