Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Caramel Mousse : Makanan Ringan yang Lezat



Caramel mousse adalah jenis mousse cokelat yang merupakan makanan penutup tradisional , biasanya merupakan makanan ringan, krimi, seperti puding. Mousse berasal dari bahasa Prancis yang berarti buih, dan merupakan deskripsi yang tepat untuk hidangan penutup ini. Karamel yang digunakan dalam pembuatan caramel mousse biasanya dalam bentuk cair sekental sirup karamel, bila digunakan karamel yang sebenarnya (semi- lembut) akan terlalu tebal pada produk akhir. Meskipun begitu, beberapa jenis caramel mousse tidak menggunakan karamel sebagai bahan sama sekali, dan mengganti dengan gula merah dan perasa vanili.

Menyiapkan caramel mousse bisa merupakan tahapan yang relatif sederhana dan cepat tergantung pada jumlah bahan dalam resep yang digunakan. Beberapa resep membutuhkan tidak lebih dari empat bahan, termasuk perasa karamel, susu, krim, dan putih telur. Krim biasanya dikocok dengan tangan sampai sedikit mengental, dan putih telur ditambahkan dengan diaduk ringan. Bahan-bahan lainnya kemudian dicampur dan diaduk sampai campuran memiliki konsistensi yang seragam, dan dituangkan ke piring dan didinginkan semalaman.

Mendapatkan rasa dan warna yang tepat untuk caramel mousse atau makanan penutup karamel lainnya akan tergantung pada selera masing-masing orang. Beberapa resep menggunakan sirup karamel, yang lain menggunakan karamel semi-lunak yang dicairkan dan ditambahkan ke campuran, atau yang lain lagi bahkan menggunakan cokelat batangan dengan karamel. Bahkan, beberapa resep caramel mousse menggunakan cokelat, madu, atau vanili sebagai perasa, dan tidak menggunakan karamel sama sekali.

Memanggang mousse juga merupakan bagian dari beberapa resep, yang mana bahan pemanis seperti gula, madu, dan vanili dipanaskan dalam pan untuk mengubah warna adonan menjadi kuning dan meningkatkan cita rasanya. Beberapa mousse juga dipanggang dalam oven konvensional selama sekitar dua puluh menit untuk memberikan konsistensi yang lebih mirip kue.

Diyakini, mousse pertama kali berasal dari Prancis pada tahun 1894 dalam bentuk hidangan ikan dan sayuran. Di awal tahun 1900-an, seniman Prancis Toulouse Lautrec malah menggunakan cokelat, memberikan nama mayonnaise de chocolat. Dengan sejarahnya yang begitu panjang, tidak mengherankan bahwa ada begitu banyak cara untuk memasak mousse, dan begitu banyak variasi baru selain bentuk cokelat standar.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...