Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Caramel Macchiato : Salah Satu Kopi Andalan Starbucks



Umumnya disajikan panas, caramel macchiato tersedia dalam berbagai bentuk, tapi selalu berisikan espresso dan susu steam dengan saus karamel atau perasa karamel. Minuman ini umumnya berupa kopi manis yang bersahabat dengan mereka yang jarang minum kopi. Caramel macchiato bisa dalam porsi besar, berupa susu panas dengan rasa kopi ringan dan sirup karamel di atasnya, atau bisa dalam porsi kecil, berupa minuman kopi manis kental dengan tidak lebih besar dari satu espresso shot. Caramel macchiato juga dapat dibuat di rumah dengan menggunakan mesin espresso.

Jenis caramel macchiato yang paling terkenal, yang dibuat di Starbucks ™, adalah apa yang disebut latte macchiato, yang ditambahi vanili dan karamel. Starbucks ™ adalah rantai kedai kopi yang berasal di Amerika Serikat di Seattle, Washington, tapi kemudian tumbuh pesat secara global. Pada dasarnya, perbedaan antara caffe latte dan latte macchiato adalah susu di latte macchiato ditambahkan sebelum espresso, yang menciptakan lapisan espresso dalam busa susu. Versi Starbucks ™ minuman ini juga ditambahi beberapa percik sirup vanili dan coretan saus karamel di atas busa susu. Dengan menambahkan sirup akan memberikan rasa manis dan meningkatkan citarasa minuman.

Caramel macchiato memang dibuat dari espresso, teknik khusus digunakan untuk menyiapkan kopi ini. Espresso dibuat dengan melewatkan air panas bertekanan melalui bubuk halus biji kopi roasting menggunakan mesin espresso. Menyiapkan kopi dengan cara ini menghasilkan cairan panas terkonsentrasi yang tinggi kafein. Teknik ini juga membuat tekstur macchiato lebih berbusa dibandingkan minuman yang dibuat dengan kopi yang diseduh dengan cara drip.

Membuat caramel macchiato di rumah perlu menggunakan mesin espresso dan biji kopi espresso. Saat espresso diekstrak dari biji, susu dipanaskan dan berbusa, kemudian dituangkan ke dalam cangkir. Kadang-kadang, susu dibumbui dengan sirup manis, yang bisa terdiri dari aneka rasa, seperti karamel, vanili dan amaretto. Espresso yang dihasilkan kemudian segera dituangkan ke dalam susu berbusa, yang membuat sebuah “tanda” di busa. Saus cokelat karamel, umumnya dibuat dengan karamel, gula dan krim, dipercikkan ke busa sebagai aksen.

Bila mesin espresso tidak tersedia, ada beberapa pilihan untuk membuat minuman serupa di rumah. Beberapa produsen minuman kemasan menjual minuman campuran yang dirancang untuk mensimulasikan rasa minuman ini. Biasanya, minuman ini berbentuk bubuk atau sirup yang dicampur ke dalam susu yang dipanaskan.

Macchiato berarti “ditandai”, sebuah ciri khas pada kopi ini. Caramel macchiato Starbucks ™ yang sangat terkenal bisa berbeda dari jenis caramel macchiato yang dibuat di banyak toko kopi independen ala Italia. Ketika memesan di warung kopi independen, caramel macchiato biasanya berupa kopi macchiato rasa karamel daripada macchiato latte. Versi ini dibuat dengan hanya menggunakan sejumlah kecil susu untuk membuat “tanda” dan busa espresso.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...