Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Cara Mengetahui Keaslian Kopi Luwak



Asli atau tidaknya kopi luwak justru sangat ditentukan dari proses lahirnya kopi itu sendiri, dari mulai penanaman kopi hingga penyajiannya untuk konsumen. Keseluruhan proses ini memakan waktu yang panjang dan seharusnya melalui pengawasan yang ketat.

Masa awal panen kopi, proses pencernaan oleh luwak, pengeringan atau kadar air, pembersihan atau pencucian, menggoreng atau menyangrai, pembubukan, dan penyajian adalah tahap-tahap yang sangat menentukan kualitas kopi luwak. Tapi, sekali lagi, hal terpenting adalah proses fermentasi oleh luwak yang merupakan titik kunci dari citarasa dan aroma kopi luwak.

Nah, di bawah ini penjelasan tentang cara membedakan kopi luwak asli atau palsu berdasarkan aspek kesehatan, citarasa, dan harga.

Aspek Kesehatan
Pernakah Anda mengetahui teman atau orang terdekat Anda yang alergi atau bahkan tidak bisa meminum kopi? Ketika minum kopi, ia merasa perutnya mulas, berkeringat dingin, muntah-muntah, bahkan serasa ingin pingsan. Biasanya penderita penyakit maag atau asam lambung tidak toleran terhadap kopi karena kandungan kafein dapat mengakibatkan hal-hal yang sangat tidak mengenakkan ketika dikonsumsi.

Namun orang-orang yang alergi dan tidak toleran terhadap kopi mungkin akan berubah sikap ketika menemui kopi luwak. Kopi luwak berbeda dengan kopi biasa dan tidak akan menimbulkan efek samping karena kopi ini memiliki kandungan kafein yang sangat rendah sebagai hasil dari proses fermentasi oleh luwak yang terjadi di dalam perut luwak.

Nah, jika Anda ingin membuktikan apakah kopi luwak yang Anda beli adalah asli atau palsu, pendertia maag atau asam lambung yang tidak toleran terhadap kopi bisa dengan cepat mengenalinya. Jika di dalam kopi luwak terdapat campuran kopi biasa, maka tentunya akan memunculkan efek samping seperti dijelaskan di atas.

Bentuk Fisik
Jika Anda ingin membedakan kopi luwak secara fisik, maka Anda akan lebih mudah melakukannya ketika mengamati kopi luwak saat masih berbentuk raw (biji kopi bercampur feses luwak) dan green bean atau unroasted green bean (kopi luwak masih berbentuk biji sebelum di-roasting atau disangrai). Mari kita lihat keaslian kopi luwak saat masih berupa green bean.

Perbedaan paling mendasar dari kopi luwak yang asli dan palsu dalam bentuk green bean atau unroasted green bean adalah biji kopi luwak green bean yang asli memiliki biji yang utuh, mulus dan tidak cacat. Cacat di sini adalah biji kopi itu memiliki bintik hitam atau pecah. Kopi luwak yang asli memiliki kecendrungan hampir sempurna dari segi tampilan, sangat jarang sekali ada bintik hitam dan pecah pada green bean kopi luwak.

Binatang luwak memiliki insting yang sangat kuat untuk hanya memakan biji kopi terbaik. Oleh sebab itu bentuk kopi luwak cendrung sempurna. Jika ada kopi luwak dalam bentuk green bean namun mempunyai bintik-bintik hitam dan pecah, maka kopi luwak tersebut memiliki kecendrungan tidak asli alias palsu.

Ciri fisik lain dari kopi luwak asli adalah warna yang merata kekuningan dan lebih wangi. Sedangkan kopi luwak biasa atau palsu memiliki warna yang tidak merata, berwarna hijau, dan tidak harum. Warna merah kekuningan pada kopi luwak berasal dari fermentasi sempurna di dalam perut hewan luwak.

Yang terakhir, ciri kopi luwak asli adalah kulit ari yang akan diolah menjadi green bean sangat mudah terlepas. Bandingkan dengan kopi luwak palsu atau biasa dimana kulit arinya tidak mudah terlepas atau cenderung lengket pada biji kopi. Jadi sebelum Anda membeli kopi luwak, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Sebelum bertransaksi, sebaiknya Anda meminta dikirimi foto green bean kopi luwak dalam jarak dekat. Pastikan green bean itu memenuhi kreteria atau ciri-ciri kopi luwak seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Bertransaksilah menggunakan jasa pihak ketiga, misalnya menggunakan rekening bersama. Cara ini dapat meminimalisir kerugian Anda. Jika penjual tidak mau bertransaksi menggunakan jasa pihak ketiga, maka Anda patut mencurigainya.
  • Waspadalah dengan harga kopi luwak yang di bawah harga pasaran. Banyak cara yang dilakuakn oleh petani kopi luwak untuk membuat kopi luwak sekilas seperti asli, di antaranya dengan mencampur biji kopi segar dengan pisang kemudian memberikannya kepada luwak. Hal ini mampu mengelabuhi luwak yang menganggap biji kopi tersebut adalah pisang karena sudah dicampur dengan pisang.
Biaya Produksi
Cobalah Anda berkunjung langsung ke tempat peternakan kopi luwak. Cicipilah beberapa cangkir kopi luwak yang dahsyat itu, lalu tanyakan besaran biaya produksi kopi luwak tersebut. Dengan mengetahui biaya produksinya maka secara jelas akan didapat harga jual kopi luwak di pasar atau di cangkir yang Anda minum.

Kopi luwak menjadi mahal karena biaya produksi untuk pengolahannya memang tinggi. Bahkan untuk satu ekor luwak saja diperlukan biaya sebesar Rp 3 juta. Jadi, jika Anda menemukan orang yang menjual kopi luwak di bawah harga standar, maka Anda perlu waspada dan berhati-hati. Sebaiknya Anda meneliti terlebih dahulu kopi luwak yang ditawarkan itu.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...