Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Berbagai Jenis Minuman yang Mengandung Kafein



Red Bull, kandungan kafein: 0.03 g/100g
Ada banyak jenis minuman yang mengandung kafein, baik sebagai bahan tambahan atau alami. Teh, kopi, dan cokelat merupakan contoh sumber kafein alami, sehingga minuman yang terbuat dari bahan ini biasanya bersifat stimulan. Banyak minuman ringan, seperti soda, yang mengandung kafein sebagai aditif, dalam hal ini biasanya akan tercantum pada label bahan. Minuman ini semuanya mengandung berbagai tingkat kafein, dan sumber asal zat stimulan ini dapat berpotensi menghasilkan efek yang berbeda. Hal ini disebabkan fakta bahwa polifenol tertentu dan senyawa lainnya dapat membentuk senyawa kompleks dengan kafein yang tidak mudah larut.

Kafein adalah molekul yang terbentuk secara alami dalam bahan tanaman seperti biji kopi dan daun teh. Sumber-sumber alam lainnya termasuk kacang kola, biji tanaman guarana, dan daun yerba mate. Terlepas dari sumbernya, kafein cenderung memiliki efek merangsang pada sistem saraf manusia. Beberapa orang mencari makanan dan minuman yang mengandung kafein untuk mendapat efek ini, sementara yang lain memilih untuk menghindarinya.

Kopi dan teh adalah dua minuman populer yang mengandung kafein secara alami. Meskipun minuman ini terbuat dari tanaman yang berbeda, kafein yang dikandungnya sama secara kimiawi. Di waktu lampau, kafein dalam teh pernah dikenal sebagai theine, meskipun senyawa ini kemudian terbukti sama dengan kafein. Minuman yang terbuat dari yerba mate awalnya diduga mengandung senyawa yang dikenal sebagai mateine, tapi ini juga kemudian diketahui sebagai kafein. Efek fisiologis yang berkaitan dengan kafein dari sumber alami yang berbeda dapat bervariasi bukan karena mereka menjadi molekuler yang berbeda, tetapi karena kehadiran xanthine dan polifenol tak larut lainnya.

Minuman ringan cola awalnya mengandung ekstrak kacang kola, yang merupakan sumber kafein alami lainnya. Minuman ringan artifisial ini masih sering mengandung kafein, meskipun sebagai aditif. Banyak minuman ringan lainnya yang juga mengandung kafein, terutama minuman energi. Bilamana minuman ini mengandung kafein yang ditambahkan, biasanya akan terdaftar di label bahan penyusun sehingga kehadiran stimulan ini dapat diketahui dengan mudah.

Minuman yang secara alami mengandung kafein dapat pula dibuat menjadi non-kafein dengan cara decaffeinated. Dulunya proses ini menggunakan pelarut benzena dan lainnya untuk memisah kandungan stimulan. Sekarang, metode lain yang ramah lingkungan sudah umum digunakan. Selain menghasilkan teh atau kopi tanpa kafein, proses ini juga menghasilkan ekstrak kafein yang kemudian dapat ditambahkan ke minuman lain atau digunakan sebagai produk suplemen.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...