Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Bahan dan Cara Menggunakan Filter Kopi



Filter kopi menggunakan berbagai macam bahan, mulai dari filter kertas sederhana untuk penggunaan tunggal, hingga filter kain atau gold yang dapat dicuci dan digunakan berulang-ulang. Untuk membuat kopi, filter mewadahi ampas kopi, menjaga ampas agar tidak tercampur ke dalam kopi.

Tidak semua coffee maker menggunakan filter kopi. Coffee maker perkolator dan mesin espresso memiliki cangkir logam kecil tempat wadah kopi. Wadah ini cenderung menyaring ampas dengan baik karena lubang di wadah biasanya terlalu kecil untuk membuat ampas kopi bisa lolos. French press juga tidak menggunakan filter kopi, melainkan mendorong kopi ke bawah pot, sehingga ketika Anda menuangkan kopi dari alat ini, tidak ada ampas yang masuk ke cangkir kopi Anda.

Kebanyakan coffee maker yang menggunakan filter kopi adalah jenis drip. Yang paling sederhana adalah hand drip coffee maker, yang melayani baik secangkir kopi tunggal dan juga dalam jumlah besar. Lainnya adalah automatic drip coffee maker, di mana filter ditempatkan dalam wadah berbentuk kerucut atau bulat, dan kemudian kopi ditempatkan ke dalamnya.

Penting bagi Anda untuk menemukan filter kopi yang sesuai untuk kebutuhan mesin kopi Anda. Biasanya petunjuk operasi mesin (manual) akan menginformasikan jenis filter yang dibutuhkan. Filter yang paling sederhana adalah kertas, baik yang terbuat dari kelantang putih, atau kertas yang tidak diputihkan. Jenis ini dulunya merupakan filter kopi yang paling populer, namun ada banyak kekhawatiran tentang penggunaan kertas dan deforestasi, yang menyebabkan perkembangan filter kain dan filter gold.

Filter kain sedikit lebih sulit dicari. Filter gold mudah dicari dan terlihat seperti terbuat dari jaring halus. Mereka dapat dijual satu set dengan coffee maker atau Anda mungkin harus membelinya secara terpisah. Salah satu keuntungan dari filter gold dibanding kertas adalah Anda tidak perlu boros uang untuk membeli filter kertas. Biaya dimuka memang lebih mahal, tapi seiring waktu Anda cenderung akan menghemat uang.

Ada beberapa kekhawatiran mengenau filter gold dan french press. Mereka mungkin tidak menyaring pestisida dan bahan kimia dalam kopi, yang disaring oleh filter kertas dengan lebih efektif. Anda dapat menghindari ini dengan menggunakan kopi organik, atau beralih ke filter kertas. Namun, beberapa pecinta kopi berpendapat bahwa filter kertas cenderung menghasilkan kopi dengan rasa kurang baik, dan lebih lanjut, filter kertas bleaching dapat melepaskan bahan kimia yang sama buruknya bagi Anda. Kertas non-bleaching dapat membantu Anda menghindari dioksin, yang hadir dalam kertas bleaching (kelantang).

Kelemahan lain dari filter kertas adalah jika Anda kehabisan stok, Anda tidak punya cara untuk membuat kopi. Untuk fans kopi sejati, tidak ada penyaring kopi di pagi hari dapat menjadi pengalaman tragis. Ada sedikit trik jika Anda membutuhkan filter dan hanya tinggal memiliki sebuah. Buang ampas kopi dari kertas filter yang digunakan, dan bilas filter dengan hati-hati. Selama Anda melakukan ini dengan lembut, filter tidak akan robek, dan Anda dapat menggunakannya kembali. Anda bisa menyeduh secangkir kopi lagi dengan teknik ini pada saat “darurat”.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...