Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Aroma dan Rasa Kopi Luwak



Pernah ada seorang peneliti dari Inggris yang menelusuri pelosok Pulau Jawa hanya untuk membuktikan kebenaran kabar tentang kopi luwak. Namun setelah satu bulan ia mengaku tak seorang pun yang dapat menunjukkan keberadaan kopi luwak. Itulah sebabnya ia mengatakan bahwa kopi luwak hanyalah mitos yang penuh kebohongan, “it’s a big scam,” ujarnya.

Rupanya sang peneliti salah bicara. Kopi luwak benar-benar ada dan diakui keunggulannya. Kopi ini memiliki rasa yang sangat unik sehingga disukai oleh para pecinta kopi. Bahkan setiap pon biji kopi yang dikumpulkan dari kotoran hewan luwak ini dihargai mahal. Negara-negara yang memiliki hewan luwak seperti Indonesia dan Filipina pun merasakan dampak positif dari kopi luwak.

Selain komoditas kopi regular seperti kopi Arabika dan kopi Robusta, kopi luwak adalah unsur yang turut meningkatkan nilai tambah komoditas kopi. Bedanya, kopi luwak adalah biji kopi yang dimakan dan dikeluarkan oleh luwak sehingga mempunyai aroma yang lebih harum.

Kopi luwak juga mengandung rasa pahit dan getir asam yang khas serta spesial. Hal ini sejalan dengan hasil riset oleh para peneliti di Kanada yang membuktikan bahwa kandungan protein yang ada di dalam perut luwak telah membuat biji kopi berfermentasi dan matang lebih sempurna. Dengan demikian rasa yang dihasilkannya pun lebih enak dan padat disbanding kopi-kopi yang lain.

Secara visual memang sulit membedakan kopi luwak dengan kopi biasa. Sedangkan pembuktian secara ilmiah dengan menggunakan peralatan canggih seperti scanning electron microscopy, proximat analysis, electronic nose analysis, SDD-PAGE electrophoresis, dan lain-lain sangatlah mahal. Tetapi ada beberapa ciri khusus yang bisa diamati, yaitu kopi biji luwak menatah mempunyai warna yang merata karena biji itu dipanen pada puncak kematangan secara naluriah oleh luwak. Biji kopi ini juga sangat mulus dan tidak ada retak di tepian kopi.

Kopi luwak memiliki tekstur rasa yang lembut dengan rasa pahit yang kuat namun sedikit terselubung, tidak sampai mengganggu indra pengecapan. Aromanya pun sangat harum. Kopi luwak yang asli diproses satu persatu secara teliti dengan tangan. Hasilnya adalah aroma wangi dedaunan hijau yang bercampur aroma hijau.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...