Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Aracha : Teh Hijau Asal Jepang



Aracha adalah jenis teh hijau Jepang yang terbuat dari daun Camellia sinensis. Nama ini berasal dari frase Jepang yang berarti "teh mentah" atau "teh kasar" dan mengacu pada fakta bahwa aracha itu sendiri merupakan tahap awal dalam produksi teh hijau jenis lainnya. Tidak seperti banyak teh jenis lainnya, teh ini mengandung semua bagian daun teh, termasuk tangkai dan sirip daun. Selain perannya dalam menciptakan jenis teh lainnya, aracha dapat diminum; tetapi memiliki rasa yang sangat kuat.

Aracha hanya salah satu dari sejumlah besar varietas teh hijau Jepang. Kualitas dari masing-masing varietas tergantung pada kondisi pertumbuhan teh, serta pada pemilahan dan pengolahan daun teh setelah panen. Penikmat teh Jepang menghargai nilai terbaik dari teh, yang dapat memberikan harga tinggi.

Panen teh Jepang terjadi 88 hari setelah awal musim semi, biasanya pada awal Mei. Proses mengukus terjadi segera setelah daun dipetik, biasanya dalam satu hari. Mengukus daun mempertahankan warna dan aroma mereka. Tahap selanjutnya dari proses, adalah rolling dan pengeringan, melembutkan daun dan memberi mereka karakteristik bentuk menggulung.

Setelah dikukus, proses rolling dan pengeringan selesai, batang dan daun masih dicampur bersama. Akibatnya, teh yang dihasilkan oleh proses ini adalah aracha atau teh yang belum diproses. Langkah berikutnya adalah menyortir daun teh.

Menyortir daun teh ke dalam kelas yang berbeda menghasilkan berbagai jenis teh hijau. Sortir batang daun teh menghasilkan kukicha atau "teh batang," sementara teh lainnya umumnya terdiri dari daun teh saja. Jenis teh lainnya merupakan hasil dari berbagai metode pengolahan. Tencha atau "heaven tea" terbuat dari teh dengan bulur daun dibuang, sementara macha merupakan hasil dari penggilingan tencha menjadi bubuk halus. Semua jenis teh ini menyempurnakan teh aracha.

Jenis teh lain adalah hasil dari kondisi pertumbuhan teh. Gyokuro adalah teh sangat mahal yang dihasilkan dari proses penanaman rumit yang mana tanaman teh ditanam di tempat teduh selama empat sampai enam minggu terakhir sebelum panen. Sencha adalah kelas yang lebih rendah dibandingkan teh gyokuro, dan bentuk yang belum diolah juga disebut sencha aracha.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...