Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Stimulan Sistem Saraf Pusat Itu?



Kopi
Sistem saraf pusat mengontrol fungsi seluruh tubuh. Stimulan sistem saraf pusat adalah obat atau zat yang menstimulus atau merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan energi, mood, dan kewaspadaan pengguna. Beberapa stimulan, seperti kafein dan ginseng, tersedia untuk dijual bebas. Lainnya, seperti amphetamine, tersedia dengan resep, dan yang lain, seperti kokain, penggunaanya melanggar hukum di banyak negara. Stimulan dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Kafein, zat yang umum ditemukan dalam kopi, teh, dan soda, adalah salah satu stimulan sistem saraf pusat yang paling umum. Efek kafein sebagai stimulan sangat khas: pengguna dapat merasa lebih terjaga, lebih energik, dan mungkin mendapatkan peningkatan kemampuan untuk konsentrasi. Namun, asupan tinggi kafein, dapat merangsang sistem saraf pusat secara berlebihan, menghasilkan kelelahan, kepayahan, dan kesulitan berkonsentrasi.

Ada berbagai macam obat-obatan psikoaktif yang bertindak sebagai stimulan sistem saraf yang juga kuat. Contoh stimulan ini adalah kokain, methamphetamine, ekstasi, dan amphetamine. Zat ini umumnya dilarang penggunaanya oleh hukum dan dianggap ilegal, sebagai narkoba. Stimulan dapat dihisap melalui hidung, merokok, ditelan, atau disuntikkan langsung ke dalam aliran darah. Metode penggunaan tergantung pada obat tertentu. Kokain, misalnya, umumnya dalam bentuk bubuk yang dihisap melalui hidung, sementara ekstasi biasanya ditelan dalam bentuk pil.

Ritalin
Beberapa amphetamine tersedia dalam bentuk resep dan memiliki aplikasi medis terapeutik. Resep obat ini, seperti methylphenidate (Ritalin ®), sering digunakan untuk mengobati attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Ketika dikonsumsi dalam dosis yang diresepkan secara hati-hati, obat ini bekerja pada sistem saraf untuk membuat pasien lebih waspad

a dan lebih mampu untuk fokus. Penggunaan obat-obatan seperti ini untuk rekreasi (kesenangan) sangat tidak dianjurkan karena mereka dapat menyebabkan kecanduan, dan overdosis dapat menyebabkan muntah, kejang dan kehilangan kesadaran. Jika pasien mengalami gejala-gejala tersebut, bahkan jika saat mengkonsumsi dosis yang ditentukan, ia harus segera dibawa ke ruang gawat darurat.

Stimulan sistem saraf pusat biasanya bertindak cepat pada otak, menyebabkan pelepasan sejumlah besar kimia dopamin, yang menghasilkan perasaan senang. Gelombang dopamin ini sering menimbulkan euforia dan kesenangan intens, tetapi juga dapat membuat rasa cemas dan gelisah.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...