Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Sakit Kepala Akibat Kafein Itu?



Sakit kepala akibat kafein adalah gejala klasik dari kafein, sebuah sindrom yang dapat menyerang siapa saja yang mengurangi atau menghentikan pasokan kafeinnya. Selain sakit kepala, orang yang mengkonsumsi kafein mungkin juga mengalami kelelahan, gelisah, dan lekas marah. Orang yang mengkonsumsi banyak kopi secara teratur dapat menderita sakit kepala ringan akibat kafein pada saat menjalankan rutinitas sehari-hari mereka, sebagaimana juga pada mereka yang hanya minum satu cangkir teh atau kopi setiap hari.

Proses kimia di balik sakit kepala akibat kafein cukup sederhana. Kafein menghambat aksi adenosin, suatu senyawa kimia yang biasanya melebarkan pembuluh darah. Ketika seseorang mengkonsumsi kafein, pembuluh darah mereka mengerut, dan dalam jangka waktu yang panjang, tubuh akan mengembangkan hipersensitif terhadap adenosin dalam menanggapi pemblokiran konstan yang disebabkan oleh kafein. Ketika orang berhenti minum kafein atau tiba-tiba mengubah jumlah yang mereka konsumsi, pembuluh darah melebar sangat luas sehingga adanya peningkatan sensitivitas tubuh memungkinkan adenosin untuk bekerja, dan terjadilah sakit kepala kafein.

Seseorang yang menderita sakit kepala kafein mungkin mengalami sakit kepala ringan yang berkembang menjadi jantung berdebar, dan nyeri konsisten. Karena banyak orang tidak menyadari betapa kuat kafein dapat mempengaruhi tubuh mereka, mereka mungkin tidak segera menghubungkan sakit kepala dengan konsumsi kopi, teh, cokelat, dan produk lainnya yang mengandung kafein. Minum teh peppermint atau mengkonsumsi ekstrak peppermint dapat membantu mengatasi gejala-gejala tersebut, begitu pula dengan mengkonsumsi obat oral yang dirancang untuk mengobati sakit kepala.

Seseorang yang ingin mengurangi jumlah kafein dalam kehidupan mereka harus melakukannya secara perlahan-lahan, sehingga mereka tidak mengalami sakit kepala kafein dalam proses tersebut. Mengurangi jumlah cangkir per hari, atau melebarkan jarak antar waktu minum, adalah cara yang bagus untuk dicoba. Mengurangi ketergantungan pada obat sakit kepala yang banyak mengandung kafein juga berguna. Seorang dokter mungkin dapat memberikan bantuan pada pasien yang sedang berjuang mengatasi ketergantungan kafein dan sakit kepala atau gejala lain yang menyertainya.

Meskipun sakit kepala akibat kafein dapat menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan, kafein, seperti dibahas secara singkat di atas, juga digunakan dalam pengobatan sakit kepala. Penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh kafein dapat mengurangi keparahan sakit kepala, itulah sebabnya mengapa banyak obat sakit kepala mengandung kafein, dan mengapa orang yang mengalami migrain atau sakit kepala berulang dapat dianjurkan minum secangkir kopi jika mereka mulai mengalami tanda-tanda sakit kepala. Namun, seseorang harus berhati-hati dalam memanfaatkan kopi untuk mengelola sakit kepala, karena hal ini dapat menyebabkan ketergantungan kafein dan membuat masalah menjadi lebih buruk.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...