Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Ketergantungan Kafein itu?



Ketergantungan kafein adalah kecanduan fisiologis terhadap kafein yang diakibatkan dari kebiasaan asupan makanan yang mengandung kafein, terutama kopi. Makanan lain yang mengandung kafein termasuk soda, minuman energi, teh dan cokelat. Teh memiliki kandungan kafein bervariasi tergantung pada jenisnya, sementara sebagian besar soda mengandung sekitar setengah dari kafein yang ditemukan dalam secangkir kopi. Minuman energi juga memiliki kandungan kafein yang bervariasi pada jumlahnya.

Kafein adalah stimulan psikoaktif yang mempengaruhi pemancar saraf tertentu dalam otak. Dengan jalan mengikat pada reseptor adenosin ia bertindak sebagai inhibitor, yang pada gilirannya meningkatkan aktivitas dopamine neurotransmitter. Dopamin dikenal sebagai peningkat suasana hati, kunci dari berbagai obat yang digunakan untuk mengobati depresi. Kafein juga dapat meningkatkan tingkat epinefrine (adrenalin). Singkatnya, kafein merupakan perangsang dan ketergantungan kafein pada dunia yang serba cepat saat ini merupakan hal yang lazim.

Kafein menahan kantuk, memberikan energi, dan dapat membuat suasana hati jadi gembira yang dapat berlangsung selama tiga atau empat jam. Bila ketergantungan kafein tumbuh, resistensi terhadap efek kafein dapat mengakibatkan kebutuhan untuk mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang lebih besar untuk mencapai efek merangsang yang sama. Pada tahap ini peminum kopi berat atau pengguna minuman energi mungkin mengalami efek samping seperti gangguan pencernaan, gangguan tidur, gugup, otot berkedut dan lekas marah.

Salah satu efek dari ketergantungan kafein adalah gejala penghentian ketika asupan kafein dikekang secara tajam atau dihentikan tiba-tiba. Adenosin berkontribusi untuk mengatur tekanan darah. Karena efek inhibisi pada reseptor adenosin, tubuh mengkompensasikannya dengan membuat lebih banyak reseptor. Ketika asupan kafein berhenti, pada dasarnya akan ada terlalu banyak reseptor adenosin yang fungsional, yang menyebabkan pembuluh darah melebar di otak dan mengakibatkan sakit kepala serta mual. Dalam beberapa hari, tubuh akan memberikan kompensasi, memproduksi lebih sedikit reseptor. Gejala penghentian kafein bisa berlangsung dari dua sampai lima hari.

Meskipun pemerintah mengontrol banyak zat stimulan, kafein tetap legal dan dilaporkan sebagai salah satu obat psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia. Sangat mungkin ada banyak orang yang menderita efek ketergantungan kafein tetapi tidak menyadari masalah itu disebabkan oleh kafein dalam menu makan mereka. Studi mengenai manfaat dan resiko kafein bervariasi dengan hasil yang beragam. Sebagian besar sumber setuju bahwa asupan kafein pada tingkat moderat (dua sampai tiga cangkir per hari) tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan untuk orang dewasa.

Kafein adalah racun bagi beberapa hewan peliharaan, termasuk anjing, burung beo dan kuda.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...