Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Keracunan Kafein Itu?



Keracunan kafein dapat terjadi ketika seseorang mengkonsumsi kafein pada tingkat yang berbahaya dalam bentuk kopi, minuman ringan, minuman energi, cokelat, atau obat-obatan. Kafein adalah stimulan yang meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat dan melebarkan pembuluh darah dalam tubuh. Dalam dosis kecil, kafein dapat memberikan efek positif berupa peningkatan kewaspadaan sementara. Namun, overdosis kafein dapat menyebabkan sakit kepala, tremor, kebingungan, dan efek samping negatif lainnya. Kejang, koma, dan bahkan kematian dapat terjadi dalam kasus keracunan kafein yang parah.

Tidak ada jumlah kafein yang pasti secara universal untuk dapat menjadi racun bagi semua orang. Usia seseorang, berat badan, kesehatan, dan riwayat dengan kafein merupakan faktor-faktor yang menentukan efek dari keracunan kafein yang mungkin terjadi. Mengkonsumsi lebih dari 500 miligram kafein, kira-kira jumlah yang ditemukan dalam enam cangkir kopi, dianggap berbahaya bagi kebanyakan orang dewasa. Anak-anak dan bayi dapat menderita gejala keracunan kafein pada dosis yang lebih rendah. Umumnya dipercaya bahwa mengkonsumsi lebih dari 10 gram kafein dalam waktu singkat akan berakibat fatal.

Gejala pertama keracunan kafein mungkin termasuk sakit kepala ringan, kecemasan, dan meningkatnya denyut jantung. Seseorang mungkin mendapatkan masalah pencernaan juga, seperti mual, muntah, dan diare. Jika lebih banyak kafein masuk ke dalam tubuh, seseorang dapat menderita nyeri dada, kebingungan mental, tremor tangan dan kaki, dan jantung berdebar-debar. Mungkin juga terjadi kejang atau koma ketika tubuh kewalahan dengan stimulant ini.

Jika seseorang menunjukkan tanda-tanda keracunan kafein, sangat penting untuk segera mencari perawatan medis darurat. Paramedis atau petugas ruang gawat darurat dapat menilai kondisi pernapasan, denyut jantung, dan aktivitas otak dan memberikan pengobatan yang tepat untuk menstabilkan tanda-tanda vital. Pasien sering diberi cairan infus dan tablet arang untuk melawan toksisitas kafein dalam sistem tubuh mereka. Sebuah pompa lambung mungkin diperlukan untuk membuang sejumlah besar cairan. Obat tambahan dan teknik klinis mungkin diperlukan untuk menurunkan detak jantung dan mencegah terjadinya kejang.

Keracunan kafein dapat dicegah. Seseorang harus mengetahui seberapa banyak kafein yang dia konsumsi ketika minum kopi, teh, soda, atau minuman energi untuk menghindari terjadinya overdosis. Dan juga, merupakan hal penting agar setiap orang mengikuti petunjuk dosis pada obat yang dijual bebas dan resep yang mengandung kafein. Akhirnya, cokelat dan pil harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan bayi setiap saat.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...