Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kecanduan Kafein Berbahaya?



Telah menjadi fakta, jutaan orang di seluruh dunia tidak bisa beraktifitas dengan baik tanpa secangkir kopi atau teh yang sarat kafein di pagi hari.

Namun apakah kebutuhan tersebut benar-benar kecanduan kafein, atau itu hanya kebiasaan psikologis? Hal ini merupakan objek penelitian yang masih terus diperdebatkan.

Satu hal yang dapat dinyatakan dengan pasti adalah bahwa kecanduan, untuk setiap bahan atau kegiatan, berpotensi menimbulkan berbahaya. Secara gamblang, kafein adalah obat adiktif. Meskipun banyak regulasi yang menganggap kafein sebagai "obat yang aman," tidak diragukan lagi kafein dapat menjadi masalah yang berkaitan dengan kelebihan pemakaian. Overdosis, bahkan untuk hal yang baik, tetap saja overdosis.

Jika seseorang merasa mereka telah menderita kecanduan kafein, mungkin saja itu benar. Jika terjadi salah satu gejala penarikan parah ketika ia kehilangan dosis yang biasa dikonsumsi, itu mungkin tanda kecanduan. Gejala ini, yang dapat mencakup gemetar, gugup, sakit kepala, dan lekas marah, adalah indikator kecanduan kafein. Di sisi lain, gejala yang sama dapat juga terjadi jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak kafein.

Apakah kecanduan kafein berbahaya? Ya, jika seseorang merasa mereka tidak dapat beraktifitas dengan baik tanpa mengkonsumsi zat tersebut. Apakah kecanduan kafein berbahaya dalam arti mengancam nyawa? Dalam hal ini, jawabannya akan beragam.

Setiap orang memiliki toleransi kafein yang berbeda. Jumlah kafein yang mungkin menyebabkan kecanduan pada satu orang mungkin memiliki sedikit atau tidak ada pengaruh pada yang lain. Meskipun kecanduan kafein tidak dapat dianggap mematikan, hal ini tentu saja sangat menyenangkan.

Jika seseorang kecanduan kafein, dan berupaya untuk menghentikan kebiasaan itu, ia mungkin akan mengalami sakit kepala, insomnia, dan lekas marah. Dia mungkin menderita pusing, kebingungan ringan, atau sakit perut. Ada juga beberapa bukti bahwa ada hubungan antara asupan kafein dan disfungsi ereksi. Dan sekali lagi, gejala yang sama dapat terjadi ketika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak kafein.

Jika seseorang meyakini dia sedang menderita kecanduan kafein, dan percaya hal tersebut menyebabkan masalah dalam hidupnya, jalan terbaik adalah untuk mencoba pengurangan asupan secara bertahap. Seperti dengan banyak zat lain yang kita makan dan minum, aturan praktis mengenai asupan yang benar adalah "jumlah moderat dalam segala hal." Ini mungkin sesuatu yang patut dipertimbangkan ketika Anda mengambil secangkir kopi berikutnya.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...