Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kafein Itu?



Secara kimia, kafein murni adalah alkaloid nabati yang merangsang sistem saraf pusat setiap makhluk yang mencernanya. Di alam, kafein berfungsi sebagai bentuk pengendalian hama bagi tanaman tertentu seperti kakao, kopi, yerba mate dan teh. Kafein membunuh serangga dan hama lain karena efek over-stimulasi.

Kafein, juga dikenal sebagai guaranine, mateine atau theine tergantung pada tanaman sumber, dianggap sebagai obat psikoaktif. Namun, belum ditunjuk sebagai zat yang dikontrol, sehingga penggunaannya dalam teh, kopi dan soda tidak ilegal. Biji kopi mengandung jumlah kafein yang signifikan, sementara daun teh dan tanaman yerba mate mengandung lebih sedikit kafein. Biji kakao juga mengandung kafein, tetapi mereka mengandung alkaloid lain yang disebut theobromine dengan kadar jauh lebih tinggi.

Ketika kafein dipisahkan dari tanaman sumber dan diolah menjadi bentuk yang paling alami, ia membentuk bubuk putih. Bubuk ini memiliki rasa pahit, itulah sebabnya banyak minuman yang mengandung kafein juga ditambahi gula atau pemanis lainnya. Kafein yang terkandung dalam pil stimulan seperti No-Doz tidak diencerkan dengan gula, sehingga pil menjadi sangat pahit.

Kafein mungkin tidak adiktif dalam pengertian klasik, tapi tubuh membangun toleransi dari waktu ke waktu. Beberapa orang merasa sulit untuk beraktifitas tanpa setidaknya satu cangkir kopi kental atau teh di pagi hari. Efek merangsang disebabkan oleh reaksi saraf pusat. Tingkat kerja jantung meningkat, pembuluh darah menyempit, dan saluran udara menjadi rileks. Efek ini bisa bertahan hingga satu jam.

Ada pula yang disebut gejala penghentian kafein. Konsumen yang biasa mengkonsumsi kopi atau soda mungkin mengalami sakit kepala yang menyakitkan jika tubuh tidak mendapat kafein. Tanpa stimulasi yang diberikan oleh alkaloid ini, pembuluh darah terbuka, meningkatkan aliran darah. Cara untuk menghentikan gejala ini adalah dengan menelan sejumlah kafein. Ini juga mengapa banyak obat sakit kepala mengandung sedikit kafein.

Akan sangat sulit untuk mengkonsumsi kafein pada tingkat overdosis yang mematikan, meskipun telah muncul laporan beberapa kematian akibat overdosis kafein. Seseorang harus minum beberapa ratus cangkir kopi atau menelan setidaknya 75 tablet untuk mencapai tingkat yang beracun. Mengkonsumsi stimulan Vivarin atau No-Doz untuk meningkatkan kesadaran mental tidak berbahaya dalam jangka panjang, tapi bisa menyebabkan masalah ketika efek obat hilang tiba-tiba. Jadi usahakan mengatur konsumsi kafein Anda sebaik mungkin.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...