Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apakah Kafein Bubuk Itu?



Kafein adalah zat yang terbentuk secara alami dalam daun, biji dan buah dari beberapa tanaman, misalnya biji kopi, daun teh, kacang kola, biji kakao dan buah guarana, yang semuanya dikonsumsi dalam berbagai bentuk oleh manusia. Kafein juga merupakan obat perangsang psikoaktif, artinya ia mempengaruhi sistem saraf pusat, mengubah fungsi otak dan dapat meningkatkan kinerja mental dan fisik. Secara kimia, kafein diklasifikasikan sebagai xanthine alkaloid, dan dalam bentuk murni berbentuk bubuk kristal putih. Kafein bubuk merupakan kafein dalam bentuk murni dan sebagai suplemen zat ini paling sering digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan mental dan melawan kelelahan. Pada dosis tertentu, kafein dalam bentuk apapun dapat menyebabkan kecanduan, dan dalam dosis besar dapat menyebabkan efek samping yang serius, seperti kram, jantung berdebar dan bahkan kematian.

Seperti suplemen kafein lain dalam bentuk kapsul kafein dan pil kafein, kafein bubuk dapat diproduksi secara alami atau sintetis, tergantung pada apakah ia berasal dari sumber alami atau diproduksi di laboratorium. Kafein alami dan sintetis memiliki struktur kimia yang identik. Kafein sintetis adalah yang paling umum digunakan untuk produk suplemen.

Kafein bubuk sering digunakan untuk menaikkan tingkat energi seseorang, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan keadaan terjaga. Kegunaan lain termasuk diantaranya untuk menurunkan berat badan. Atlet kadang-kadang menggunakan kafein bubuk untuk meningkatkan kinerja, dan penelitian menunjukkan produk ini dapat bermanfaat bagi atlet dalam olahraga ketahanan seperti bersepeda, lari jarak jauh dan sepak bola. Meskipun mengkonsusi bubuk kafein merupakan hal legal di kebanyakan olahraga, perlu dicatat bahwa gejala seperti dehidrasi, sesak napas dan kram adalah efek samping penggunaannya.

Kafein mempengaruhi sistem saraf pusat dan tubuh dengan beberapa cara: mempercepat metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Kafein juga meningkatkan kadar adrenalin dan menghambat zat biokimia yang disebut adenosin, yang menyebabkan peningkatan kewaspadaan, tetapi juga mungkin menyebabkan masalah tidur. Kafein juga meningkatkan produksi dopamin tubuh, memberikan efek gembira dan adiktif.

Produsen kafein bubuk biasanya merekomendasikan dosis harian 280 mg, setara dengan sekitar 18 ons (510 ml) kopi seduh. Penting bagi konsumen agar tidak melebihi dosis yang dianjurkan, karena kafein dalam bentuk ini adalah zat yang sangat kuat. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan berkedut, lekas marah, jantung berdebar-debar, muntah dan bahkan kematian. Wanita hamil dan orang dengan tekanan darah tinggi harus membatasi asupan kafein dalam bentuk apapun dan menghindari kafein bubuk sepenuhnya karena risiko efek samping dan overdosis.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...