Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Apa Saja Pekerjaan yang Dilakukan Pelayan Bar?



Seorang pelayan bar bertugas melayani pelanggan dengan makanan dan minuman yang dijual. Dia mungkin bertanggung jawab melayani pelanggan yang duduk di meja pelanggan, atau ia bekerja di belakang meja counter pelayanan bar, atau keduanya. Tergantung pada volume pelanggan, ia mungkin bekerja sendiri atau ditemani oleh tim pelayan, koki dan manajer bar.

Pelayanan pelanggan umumnya merupakan prioritas tinggi bagi pelayan bar. Ia biasanya harus sering mengamati pelanggan di wilayah tanggung jawabnya untuk memastikan mereka mendapatkan segala sesuatu yang mereka pesan dan puas dengan barang yang mereka terima. Jika dibutuhkan layanan atau item tambahan, pelayan bar harus dapat melayani mereka dengan efisien dan ramah.

Ketika kebutuhan pelanggan telah terpenuhi, pelayan bar biasanya akan menyiapkan pesanan makanan dan minuman bagi pelanggan lain. Dia sering dipanggil untuk mengubah atau menambah sajian untuk mengakomodasi permintaan pelanggan. Jika ada sajian yang dikembalikan dengan alasan apapun, dia biasanya harus memperbaiki kesalahan dan melayani pesanan akurat kepada pelanggan.

Kebersihan dan pemeliharaan bar merupakan bagian dari pekerjaannya yang lazim. Mengelap counter dan meja, serta mengangkat piring dan membersihkan sisa-sisa makanan adalah tugas umum bagi pelayan bar. Menambah stok item di counter yang disediakan untuk dipilih oleh pelanggan, seperti keripik dan makanan ringan, biasanya merupakan bagian dari pekerjaannya, demikian pula mengisi wadah bumbu yang disediakan di bar dan di meja.

Jika persiapan makanan perlu dilakukan sebelum membuka bar, pelayan biasanya bertanggung jawab untuk tugas ini. Hal ini sering berupa pekerjaan mengiris sayuran dan daging, menyusun sup dan salad dan mengatur peralatan dan panci untuk memudahkan akses selama layanan.

Saat pelanggan siap-siap keluar, pelayan bar biasanya akan memproses pembayaran mereka. Ketelitian dalam prosedur penanganan uang tunai dan kemampuan untuk secara efisien menangani transaksi kartu debet/kredit umumnya diperlukan untuk posisi ini. Akurasi dalam memberikan uang kembalian pada pelanggan penting agar menjadi pelayan bar yang sukses.

Keramahan dan keterampilan manajemen merupakan persyaratan umum untuk menjadi pelayan bar yang sukses. Bakat dalam matematika sangat disukai. Tulisan tangan yang mudah dibaca biasanya diperlukan untuk menuliskan nota yang bisa dibaca oleh pelanggan dan anggota staf lainnya.

Ijazah SMU atau setara biasanya merupakan persyaratan untuk pekerjaan ini. Latar belakang dalam penyiapan makanan atau hubungan pelanggan juga dibutuhkan. Pelayan bar yang mampu menyiapkan makanan dengan baik dan berbakat dalam melayani pelanggan sering dipromosikan ke posisi manajemen.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...