Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Air Minum Berkafein : Menghidrasi Sekaligus Meningkatkan Energi



Seperti namanya, air minum berkafein adalah minuman yang terdiri dari air minum yang telah ditambahkan kafein. Hal ini dimaksudkan sebagai alternatif sehat untuk minuman berkafein yang umum dijual seperti kopi, soda, dan minuman energi. Meskipun banyak sekali peneliti yang percaya bahwa kafein memiliki efek dehidrasi, teori ini sebagian besar telah dipertanyakan, sehingga memberikan dukungan untuk klaim produsen air berkafein “bahwa produk ini secara bersamaan menghidrasi dan mendongkrak energi”. Meskipun demikian, penting untuk dicatat karena produk ini berkafein, terlalu banyak mengkonsumsi air berkafein dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Sebagian besar produk air berkafein mengandung air keran atau mata air yang telah dimurnikan dan ditambah ekstrak kafein hambar, sering kali berasal dari biji kopi. Konten kafein mereka umumnya sekitar 3 sampai 6 miligram per ons (29,57 ml), yaitu jumlah yang hamir sama dengan yang ditemukan dalam cola atau teh hitam. Hal yang paling membedakan antara air minum berkafein dengan banyak minuman berkafein populer lainnya adalah mereka tidak memiliki aditif tambahan seperti sirup jagung, gula, pewarna, atau perasa buatan. Karenanya, air ini sering dipromosikan oleh produsen sebagai produk sehat, alternatif bebas kalori untuk minuman berkafein lainnya.

Banyak pakar kesehatan pernah memiliki keyakinan bahwa kafein adalah diuretik kuat, atau zat yang meningkatkan produksi urin, berpotensi menyebabkan dehidrasi. Pada awal tahun 2000-an, keyakinan ini telah ditantang oleh sejumlah studi yang menunjukkan bahwa, bila dikonsumsi dalam jumlah moderat kecil, kafein tidak menunjukkan sifat diuretik. Sedangkan konsumsi kafein dalam jumlah yang signifikan memang dapat menyebabkan dehidrasi, dan diperkirakan bahwa efek ini hanya terjadi ketika asupan harian melebihi 500 miligram kafein. Penelitian tersebut tampaknya meningkatkan tingkat kepercayaan pada klaim produsen air berkafein bahwa produk mereka “meningkatkan hidrasi dan energi secara bersamaan”.

Perlu dicatat bahwa, seperti halnya produk berkafein lainnya, konsumsi air minum berkafein dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, seperti gelisah, sulit tidur, jantung berdebar-debar, mual, dan lekas marah. Selain itu, mereka yang mengkonsumsi air minum berkafein dalam jumlah besar setiap hari mungkin akan mengalami gejala penghentian jika mereka mengurangi asupan produk ini. Gejala sering ditandai dengan sakit kepala, lesu, dan kesulitan berkonsentrasi. Meskipun air minum berkafein mungkin pilihan yang lebih sehat dibandingkan soda manis atau minuman olahraga yang ditambah perasa, konsumen harus menghindari penggunaan produk ini secara berlebihan untuk mencegah efek samping kafein yang terkait.






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...