Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Kopi Arabika Sulawesi: Toraja, Kalosi, Mamasa dan Gowa



Pulau Sulawesi di Indonesia, dahulu disebut Celebes, berada di sebelah utara Flores. Daerah penghasil utama kopi arabika merupakan suatu wilayah pegunungan yang disebut Tana Toraja, di wilayah tengah dataran tinggi Sulawesi Selatan. Arah selatan Toraja merupakan daerah Enrekang. Ibukota dari daerah ini adalah Kalosi, yang merupakan merek terkenal sebagai kopi spesial. Daerah-daerah Mamasa (ke arah barat Toraja) dan Gowa (ke arah selatan Kalosi), juga menghasilkan kopi arabika, meski tidak terlalu terkenal.

Tidak seperti banyak pulau lain di Indonesia, Sulawesi merupakan wilayah geologis purba, wilayah ini sudah ada sejak lebih dari sekitar 100 juta tahun lampau. Sejarah panjang ini menghasilkan lahan-lahan dengan kadar besi yang tinggi - yang mempengaruhi rasa kopi.

Kopi Sulawesi  rasanya bersih, mereka secara umum menampilkan ciri karakter rempah-rempah atau kacang-kacangan, seperti kayu manis atau cardamom (sejenis jahe). Karakter lada hitam kadang-kadang juga ditemukan. Rasa manis mereka, seperti halnya kebanyakan kopi-kopi Indonesia, berhubungan erat dengan kekentalan kopi. After taste-nya akan menyelubungi langit-langit mulut di akhir minum kopi, halus dan lembut.

Kebanyakan kopi Sulawesi dibudidayakan oleh perkebunan kecil, dengan sekitar 5% berasal dari tujuh perusahaan yang lebih besar. Orang-orang Tana Toraja membangun rumah dengan bentuk unik dan memelihara upacara keagamaan, yang kompleks dan bersifat tradisi yang berhubungan dengan kematian dan alam baka. Rasa hormat pada tradisi juga ditemukan pada cara petani  memproses kopi mereka. Petani-petani Sulawesi menggunakan suatu proses yang unik disebut "giling basah".






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...