Resep kopi dan informasi kopi: sejarah kopi, manfaat kopi, jenis kopi, kandungan kopi, pengolahan kopi, tanaman kopi, kopi robusta & kopi luwak. Juga informasi teh dan artikel teh.

COFFE MAKER memang belum umum di Indonesia, karenanya Anda perlu tahu, makanya --> CARI TAHU DI SINI

Hello coffee lover, welcome..

Hello coffee lover, welcome..

Klasifikasi Botani Kopi



Setiap orang tentu bisa mengenali bentuk biji kopi atau kopi bubuk dengan baik. Tetapi  jika anda tidak tinggal atau melakukan perjalanan ke negara dimana kopi tumbuh, anda mungkin tidak dapat mengenali seperti apa pohon kopi itu.

Dipangkas saat dibudidayakan, sebenarnya pohon kopi dapat tumbuh sampai ketinggian lebih dari 30 kaki, pohon kopi ini ditutupi daun-daun yang berwarna hijau gelap, berlilin dan tumbuh saling membelakangi satu sama lain berpasangan.
Buahnya tumbuh di sepanjang cabang pohon itu. Dibutuhkan hampir satu tahun bagi buah kopi untuk menjadi masak setelah berbunga, dengan bunga-bunga yang bermekaran berwarna putih dan beraroma semerbak. Karena buah kopi tumbuh dalam suatu siklus yang berkelanjutan, merupakan hal biasa untuk melihat bunga-bunga, buah-buah hijau dan buah-buah yang telah matang dalam suatu pohon. Pohon-pohon itu dapat hidup selama 20 - 30 tahun dan bisa tumbuh di iklim yang beragam, sepanjang tidak banyak terjadi fluktuasi temperatur. Secara optimal, pohon kopi menyukai tanah subur dan temperatur rendah, dengan sering turunnya hujan dan sinar matahari yang ternaungi.

Penggolongan Berkenaan Dengan Taksonomi
Kopi dapat dilacak heritage biologinya sampai pada genus tanaman yang dikenal sebagai Coffea. Dalam genus ini ada lebih dari 500 sub-genus dan 6.000 spesies pohon semak belukar tropis. Genus ini pertama kali dideskripsikan di abad ke-18 oleh seorang botanis Swedia, Carolus Linneaus, yang mendeskripsikan Coffea arabica pada buku Species Plantarum-nya di tahun 1753.
Ahli tumbuhan banyak yang kesulitan untuk melakukan penggolongan tanaman kopi secara tepat. Hal ini dapat dimengerti dengan mempertimbangkan bahwa tanaman kopi dapat mencakup mulai dari semak belukar kecil sampai pohon-pohon tinggi, dengan daun berukuran 1 sampai 40 sentimeter dan warnanya yang beragam, dari ungu, kuning sampai yang dominan hijau gelap.

Klasifikasi Kopi Secara Lengkap:
Kingdom:   Vegetable
Sub-Kingdom:   Angiospermae
Class:   Dicotyledoneae
Sub-Class:   Sympetalae
Order:   Rubiales
Family:   Rubiaceae

Genus:   Coffea
Sub-Genus:   Eucoffea
Species:   C. arabica, C. canephora






Page Views

Punya tempat minum kopi atau produk kopi favorit? Mari kita berbagi informasi pada pembaca yang lain di sini.
Return to top of page Copyright © 2012 | Rumah Kopi: "hello coffee lover, you are at home now."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...